Waspadai China, Pembalap Indonesia Bidik Juara di Etape I TdS 2018

Para peserta Tour de Singkarak 2018.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (4-11-18)

VIVA –  Pembalap asal Indonesia yang tergabung di tim PGN Cyling Team, Jamal Hibatulloh, menargetkan, mampu menuntaskan segala rintangan sekaligus menjadi yang tercepat dan keluar sebagai juara di Etape I Sport Tourism Tour de Singkarak atau TdS 2018, Minggu 4 November 2018. 

Bernard van Aert Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Absennya tim tangguh Iran pada TdS kali ini, dinilai oleh Jamal, sedikit memberikan keuntungan bagi dirinya dan pembalap lain asal Indonesia. Namun, Jamal menilai, tim Dari Ningxia Sport Lottery (China) dan St George (Australia), tetap menjadi ancaman dan patut diwaspadai. Karena, mereka selama ini dikenal cukup bagus di lintasan.

Jamal yang merupakan salah satu pebalap terbaik Tanah Air itu, mampu menyelesaikan sembilan etape dengan total catatan waktu 30 jam 24 menit 43 detik di Tds 2017 lalu. Bersama dengan 223 pembalap dari 14 negara yang tergabung di 21 tim, Jamal harus mampu menaklukan lintasan sepanjang 140,5 kilometer dan finis terdepan untuk menyabet gelar juara pada Etape I TDS 2018. 

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Etape I TDS yang pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kesepuluh, mengambil rute Kota Bukittinggi - Kabupaten Sijunjung. Disepanjang lintasan itu, terdapat tiga titik sprint yang berada di kilometer 21 atau tepatnya di kawasan Baso, Kemudian Sprint kedua di Kota Batusangkar dan, sprint yang ketiga di daerah Pala Luar atau 96.7 kilometer dari titik start awal.

Selain sprint, pada Etape I ini juga terdapat dua titik King Of Mountain (KOM). KOM yang pertama terletak di kawasan Koto Gadang atau sekitar 1070 meter dari lokasi star dan KOM kedua di daerah Tanjung Ampalu yang berjarak 89,4 kilometer dari star awal. 

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

"Soal juara pada etape I ini, 50:50 lah. Karena, ini etape I dan meski demikian, saya bersama tim saya akan berusaha jadi yang tercepat," kata Jamal kepada VIVA, sesaat sebelum star Etape I, Minggu 4 November 2018.

Soal kondisi fisik, Jamal mengaku bahwa saat ini, ia berada dalam kondisi yang sangat bagus. Dan itu, akan ia buktikan dengan target hasil yang memuaskan di etape I ini.

Diketahui, Sport Tourism Tour De Singkarak 2018 ini mengganjarkan total hadiah sebesar Rp2,3 miliar kepada setiap pemenang. Seluruh pebalap akan beradu cepat di total panjang lintasan 1.267 kilometer yang dibagi menjadi delapan Etape.

Berikut, daftar nama 21 tim yang ikut TDS 2018

Sapura Racing Team (Malaysia), Nex-CCN (Laos), Advance CCC (Indonesia), KFC Racing Team (Indonesia), LXCycking Team (Korea), 7-11 Clicks (Philippines), Ningxia Sport Lottery (China), Bikelife Dongnai (Vietnam), Terengganu Cyling Team (Malaysia), PGN Cyling Team (Indonesia), St George (Australia), BRCC (Indonesia), Forca Amsking Racing (Malaysia), Omidia Mashad Team (Iran), Thai Continental Team (Thailand), Bike Aid (Jerman), PCS Netherland (Kamboja), Kyoto Sangyo University Team (Japan), Mes Kerman (Iran), Go far Gold (Philippines) dan, Padang Road Bike Bank Nagari (Indonesia). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya