Aturan Baru di MotoGP 2019 Ketika Finis Sambil Terjatuh

Jorge Lorenzo saat kecelakaan parah di Buriram.
Sumber :
  • MotoGP

VIVA -  Komisi Grand Prix telah menggelar pertemuan dengan Dorna Sports, FIM, serta Race Direction di Madrid, pada 30 November 2018. Sebuah keputusan baru pun dibuat untuk MotoGP dan beberapa kelas di bawahnya.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Aturan baru ini perihal pembalap yang finis sambil terjatuh, yang mana takkan ada yang merasa dirugikan pada musim 2019. Dilansir Motorsport, nanti pembalap yang finis terpisah dari motornya akan tetap dianggap menyelesaikan perlombaan.

Untuk catatan waktunya akan dihitung berdasarkan posisi pembalap atau motornya yang lebih dulu melewati garis finis. Alhasil, apabila terjatuh akan tetap mendapat poin bisa berhasil melewati finis.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

"Sebelumnya, agar memenuhi syarat sebagai pembalap yang finis, pembalap harus tetap berada dengan mesinnya (motor) saat melintasi garis finis," tulis pernyataan FIM.

"Ada situasi ketika, karena kecelakaan, pembalap dan motor melewati garis secara terpisah. Di masa depan, waktu selesai akan ditentukan pada bagian pertama dari pengendara atau sepeda motornya, yang mana melintasi garis finis terakhir," sambungnya.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Aturan sebelumnya, pembalap yang terjatuh menjelang finis tidak dihitung sebagai yang menyelesaikan lomba. Ini pernah terjadi di kelas Moto3 pada 2017.

Saat itu, Bo Bendsneyder dari KTM dinyatakan gagal finis pada MotoGP Belanda. Pembalap tuan rumah itu terjatuh di tikungan pamungkas lap terakhir akibat terseruduk motor lawan yang juga terjatuh.

Alhasil, Bendsneyder melewati garis finis dengan terpisah dari motornya pada peringkat ke-10. Walau begitu, dia dinyatakan tercatat tidak menyelesaikan perlombaan.

Komisi Grand Prix juga membuat aturan baru soal pembalap bisa kembali melanjutkan balapan ketika red flag. Meski sebelumnya terjatuh/terganggu, namun bisa kembali ke pit. (luz)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya