Mengintip Pesilat Cantik Andalan Indonesia di Asian Games 2018

Atlet Pencak Silat Indonesia, Wewey Wita
Sumber :
  • Kemenpora RI

VIVA – Namanya unik dan mungkin tidak lazim untuk orang indonesia. Namun, nama Inilah yang sering mengibarkan bendera Merah Putih di podium tertinggi. Karena Wewey Wita merupakan atlet pencak silat andalan Indonesia.

Guru Pencak Silat di Sampang Cabuli Muridnya dengan Modus Pengobatan

Gadis kelahiran Tangerang 13 Februari 1993 itu pun menceritakan asal usul nama uniknya. Dia mengaku awalnya diberi nama Yo Chu Wei oleh sang ayah yang memiliki darah Tiongkok. Tapi sang kakek ingin cucunya memiliki nama Indonesia. 

"Kakek ingin ada nama khas Indonesia, Wita. Dan karena dari kecil sering dipanggil Wewey, akhirnya, saat masuk SD namanya jadi Wewey Wita," kata Wewey Wita dalam video yang diunggah Kemenpora RI.

Pesilat cantik yang pernah meraih gelar juara di Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2012 ini pun mengungkapkan, perjuangan panjangnya berkecimpung di dunia silat. Dia sempat dilarang oleh orang tuanya yang lebih menyarankannya jadi model.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Karena belum dapat restu dari orang tua, Wewey yang mulai aktif berlatih silat sejak kelas lima SD itu pun memilih latihan sembunyi-sembunyi. Tapi orang tuanya akhirnya mendukung setelah Wewey meraih beragam prestasi bergengsi.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Apa alasannya senang menekuni olahraga keras seperti pencak silat? "Saya senang olahraga yang menantang, terutama bela diri. Silat lebih greget dan ada memacu adrenalinnya," kata gadis kelahiran Tangerang 13 Februari 1993 itu.

Wewey juga membeberkan kejuaraan paling berkesan yang diikutinya. Yaitu saat bertarung di Pekan Olahraga Nasional 2012. "Sebab, itu pertama kali nama Wewey muncul," jelasnya. 

Kejuaraan lainnya yang berkesan adalah saat dia meyumbangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2017. Sebab, di beberapa edisi SEA Games sebelumnya, Wewey hanya mampu meraih posisi runner up.

Sementara itu, apa persiapan dan target Wewey di Asian Games 2018? "Yang pasti kita sudah latihan dari dua tahun lalu. Kami juga sudah banyak sekali melakukan try-out dan try-in agar tim Indonesia bisa maksimal di Asian Games," katanya. 

"Untuk kami, Medali Emas Asian Games adalah 'kekasih'," tegasnya berharap bisa mengulangi prestasinya seperti saat meraih medali emas di SEA Games 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya