Pertama Kali, Atlet Wanita Indonesia Berlaga di Liga Selancar Dunia

Peselancar wanita Indonesia, Kailani Johnson.
Sumber :
  • VIVA / Bobby Andalan

VIVA – Kompetisi 'The Corona Bali Protected' menjadi pemberhentian ketiga di Tur Kejuaraan World Surf League atau WSL Championship. Dibuka sejak Senin 13 Mei 2019, kejuaraan ini akan berlangsung hingga Sabtu mendatang, 25 Mei 2019.

Atlet Indonesia yang Lolos Olimpiade 2024 Bertambah, Ini yang Terbaru

Event ini merupakan momen bersejarah bagi peselancar wanita, Kailani Johnson. Ia akan menjadi wanita Indonesia pertama, yang bersaing dalam acara kejuaraan yang digelar di Pantai Keramas, Gianyar ini.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya ingat 11 tahun yang lalu, melamun mewakili Indonesia, dengan berkompetisi dalam acara-acara kejuaraan selancar dunia," kata Kailani. 

Rio Waida Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024

"Saya melihat kesempatan ini sebagai cara untuk menginspirasi gadis-gadis Indonesia. Saya sangat senang, bisa berselancar seperti gelombang yang luar biasa, uncrowded, dengan peselancar yang saya idolakan sejak saya mulai berselancar," tambahnya.

Kailani adalah goofyfoot (posisi kaki kanan selancar) yang dikenal karena berselancar Backhand atau tubuh menghadap jauh dari muka ombak menuju pantai. 

Miris, Orang Berselancar dengan Ular Berujung Denda

"Saya pernah berkompetisi dalam beberapa acara QS di masa lalu, tetapi saya merasa berkompetisi dalam acara ini akan menjadi pengalaman yang sama sekali baru, apakah itu di area atletik, mengenakan jersey atau berselancar di atas ombak," ungkapnya. 

“Tumbuh di Bali Selatan, ayah saya pertama kali mengajari saya cara berselancar di terumbu karang yang lembut. Ketika saya maju, saya akan pergi ke gelombang yang lebih berongga dan kuat. Pada awal tahun ini, saya pindah hanya lima menit dari Keramas. Jadi, saya akan menganggap Keramas sebagai tempat istirahat saya," tutur Kailani.

Tours and Competitions WSL, Jessi Miley-Dyer menegaskan komitmennya untuk mendukung kiprah perempuan untuk bisa dipromosikan di tanah kelahirannya sendiri. 

"Sangat penting bagi kami, untuk mendukung wanita di komunitas lokal ini," terang Jessi Miley-Dyer dari WSL Tours and Competitions, seraya menyebut menarik untuk memberi kesempatan kepada seseorang seperti Kailani untuk bersinar di kota kelahirannya.

WSL didedikasikan untuk merayakan selancar terbaik dunia di ombak terbaik dunia melalui berbagai platform pemirsa terbaik di kelasnya. 

WSL yang berkantor pusat di Los Angeles, California, adalah olahraga global dengan kantor regional di Australia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Hawaii, Jepang, dan Eropa.

WSL telah memperjuangkan selancar terbaik di dunia sejak 1976. Setiap tahunnya menjalankan lebih dari 180 acara global di tur kejuaraan pria dan wanita, tur gelombang besar, seri kualifikasi, kejuaraan junior dan longboard, serta penghargaan gelombang besar WSL. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya