Pebulutangkis China Rusak Kejayaan 6 Gadis Jepang Kuasai Ranking Dunia

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Dominasi ganda putri Jepang dalam menguasai ranking 3 besar dunia akhirnya rusak juga. Dalam daftar ranking terbaru pekan 40 yang diterbitkan Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF, negeri sakura harus rela kehilangan ranking 3 dunia.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Lalu siapakah yang telah merusak kekuatan 6 putri Jepang menguasai ranking 3 besar dunia?

Mereka adalah duo gadis asal China, Chen Qingchen/Jia Yivan. Dalam daftar ranking dunia terbaru, Selasa 1 Oktober 2019, mereka merebut ranking 3 dunia dari tangan juara Olimpiade Rio 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Chen/Jia merebut ranking 3 dunia menyusul kegagalan Misaki/Ayaka mempertahankan gelar juara bertahan Korea Open yang mereka kuasai di tahun 2018.

Misaki/Ayaka terdepak ke ranking 4 dunia akibat perolehan poin mereka berkurang dari 89.272 menjadi 86.122 poin.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sementara itu, Chen/Jia meringsak ke ranking 3 dunia karena mereka bisa mempertahankan koleksi poin mereka dari pekan lalu di angka 86.650.        

Ini merupakan yang ketiga kalinya Chen/Jia merusak dominasi Jepang di ranking 3 besar dunia, pertama kali di tahun 2019 mereka sempat naik ke ranking 3 dunia pada 30 April. Mereka hanya bisa 4 pekan saja bertahan lalu turun lagi ke ranking 4.

Dan kemudian pada 16 Juli mereka kembali merebut ranking 3 dunia. Tapi hanya bertahan sepekan dan turun lagi, dan baru pekan ini juara All England Open 2019 ini bisa naik lagi ke ranking 3 dunia.

Jepang sudah lebih dari dua tahun menguasai ranking 3 besar dunia. Melalui sang Juara Dunia 2018 dan 2019, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Misaki/Ayaka. Mereka secara bergantian mengisi ranking 1, 2 dan 3 dunia.

Baca: Nasib Tragis Nozomi Okuhara Usai Raibnya Mahkota Juara Korea Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya