Ganda Putra RI, Raja Bulutangkis Pertama Dunia Wafat

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Berita duka datang dari dunia bulutangkis. Pemegang gelar Juara Dunia bulutangkis pertama, Johan Wahjudi meninggal dunia.

Buka-bukaan Apri/Fadia dan Jojo Usai Juara Hong Kong Open 2023

Kabar meninggalnya Johan disiarkan secara resmi oleh induk cabang olahraga bulutangkis Indonesia atau PBSI, Jumat 15 November 2019. Johan meninggal di usia 66 tahun.

"Dunia bulutangkis Indonesia berduka. Telah meninggal dunia salah satu putra terbaik, salah satu legenda, Johan Wahjudi. Atas nama keluarga besar PBSI, kami mengucakan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan YME. Amin," tulis PBSI.

Jonatan Christie Wins Hong Kong Open After Defeating Kenta Nishimoto

Johan bukanlah pebulutangkis biasa, dia merupakan orang pertama yang jadi Juara Dunia. Dia naik podium juara bersama duetnya Tjun Tjun di Kejuaraan Dunia pertama di Malmo pada tahun 1977.

Mereka menjadi Juara Dunia ganda putra pertama setelah di final mengalahkan rekan senegara, Ade Chandra/Christian Hadinata.

Daftar Juara Hong Kong Open 2023

Tak cuma itu saja, pria kelahiran Kota Malang, Jawa Timur itu pernah membuat Indonesia menjadi negara bulutangkis paling ditakuti di dunia. Semua itu terjadi setelah Johan dan Tjun Tjun berhasil mendapatkan 6 gelar juara All England Open.

Johan/Tjun menjuarai turnamen bulutangkis tertua dunia di tahun 1974, 1975, 1977, 1978, 1979 dan 1980. Selain itu mereka juga meraih posisi runnerup di All England 1973 dan 1981.

Baca: Gokil, Juara Dunia Denmark Dihabisi Ranking 27 di Hong Kong Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya