Jonatan Christie Juara Hong Kong Open 2023, Balaskan Dendam Anthony Ginting

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie
Sumber :
  • twitter.com/INABadminton

Hong Kong – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie juara Hong Kong Open 2023. Dia mengalahkan Kenta Nishimoto dari Jepang dalam pertandingan final yang berlangsung pada Minggu sore WIB 17 September 2023.

Susunan Pemain Indonesia Vs Inggris di Thomas Cup 2024

Kenta Nishimoto tampil impresif sejak awal game pertama. Meski beberapa kali Jonatan Christie coba mengejar, tapi tunggal putra bulutangkis andalan Jepang itu bisa tenang.

Momen penting didapatkan Nishimoto ketika kedudukan imbang 9-9. Dia mampu mendulang sembilan poin beruntun yang membuat situasi nyaman.

Jadwal dan Siaran Langsung Tim Bulutangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2024

Tunggal putra Jepang, Kenta Nishimoto

Photo :
  • AP Photo/Sakchai Lalit

Unggul jauh dalam perolehan poin, Nishimoto coba untuk menjaga ritme. Hasilnya dia bisa memenangkan game pertama dengan keunggulan 21-12.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Kalah pada game pertama membuat Jonatan coba bangkit. Dia sempat unggul 7-4 pada awal game kedua. Akan tetapi, Nishimoto tak mau membiarkan kepercayaan diri lawannya meningkat.

Upaya untuk mengejar ketertinggalan dilakukan oleh Nishimoto. Bahkan pebulutangkis berusia 29 tahun itu berhasil membuat kedudukan jadi imbang 8-8.

Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie

Photo :
  • PBSI

Jonatan beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Dia kerap gagal mengembalikan shuttlecock ke area permainan lawan. Hal itu membuat Nishimoto mendapat tambahan poin.

Saat dalam situasi unggul perolehan poin, Nishimoto memilih untuk bermain sabar. Tapi itu justru membuat Jonatan bisa bangkit, dan membuat kedudukan jadi imbang 16-16.

Situasi tersebut membuat Nishimoto tersentak. Dia kembali tancap gas, dan berhasil mendulang dua angka tambahan. Jonatan membuat laga berjalan seru, karena sukses berbalik unggul 19-18.

Sengitnya persaingan kedua pebulutangkis amat menegangkan pada akhir game kedua. Jonatan berhasil memenangkannya dengan keunggulan 22-20, dan memaksa Nishimoto memainkan game ketiga.

Jonatan terlihat percaya diri memulai game ketiga. Dia bisa unggul perolehan poin lebih dulu, sebelum disamakan oleh Nishimoto beberapa kali.

Akan tetapi, Jonatan tak membiarkan Nishimoto bisa berbalik unggul. Ketika kedudukan imbang, pebulutangkis berusia 26 tahun itu mencoba untuk kembali unggul.

Jonatan sempat membuat dua kesalahan yang membuat berbalik tertinggal 11-13 dari Nishimoto. Pertarungan sengit kembali terjadi setelah itu, karena giliran wakil Indonesia yang mampu beberapa kali menyamakan kedudukan.

Kebangkitan Jonatan terjadi pada akhir game ketiga. Empat poin beruntun membuatnya mampu memenangkan pertandingan dengan skor 21-18 atas Nishimoto.

Nishimoto adalah pemupus harapan All Indonesian Final di Hong Kong Open 2023. Karena pada babak semifinal dia mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya