Olahraga Senam Bermanfaat Cegah Osteoporosis

Olahraga senam
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat diminta untuk tetap berolahraga demi menjaga kesehatan.

Raih Tiga Medali Emas, Ygritte Gara Harumkan Indonesia di Event Bangkok Gymnastics Invitational 2024

Salah satu olahraga yang menjadi primadona adalah senam. Selain memiliki manfaat yang banyak, senam bisa dilakukan sendiri tanpa harus berkerumum ramai-ramai.

Gerakan olahraga senam bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Apalagi jika dilakukan secara rutin, tubuh ideal bisa didapatkan dengan mudah dan aman.

Tembus Olimpiade, Rifda Irfanaluthfi Memberi Inspirasi ke Banyak Orang

Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh. Senam pun membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik. 

Dengan gerakan-gerakan itu, senam pun juga baik untuk mencegah osteoporosis. Menurut penelitian, 46 perempuan yang melakukan olahraga senam selama tiga kali seminggu dapat menyebabkan peningkatan kepadatan tulang.

Senam Gemoy Goyang Pasar Cileungsi Bogor, Ribuan Warga Berobat Gratis

Karena manfaatnya begjtu besar, olahraga Senam pun digunakan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) saat mencanangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

Acara ini diselenggarakan secara Hybrid dan diikuti ribuan peserta dari seluruh penjuru tanah air dengan pusat kegiatan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 23 Oktober 2021

Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis bersama Perwatusi. Ribuan peserta mengikuti olahraga Senam untuk mencegah osteoporosis. 

"Osteoporosis bisa dihindari dan dicegah dengan senam. Indonesia terancam osteoporosis apalagi pandemi aktivitas anak muda juga turun. Dikhawatirkan angka osteoporosis di Indonesia akan meledak karenanya ada gerakn nasional melawan osteoporosis," jelas Ketua Umum Perwatusi Anita Hutagalung.

Anita Hutagalung juga meyampaikan tentang inovasi dan aktifitas senam serta sosialisasi yang dilakukan Perwatusi bekerja sama dengan semua pihak, baik swasta maupun lembaga pemerintahan dengan tujuan utama terus menyadarkan masyarkan untuk peduli akan penyakit ini, baik dengan olahraga maupun asupan nutris setiap hari.

"Rangkaian acara ini tidak akan berhenti saat pencanangan hari ini saja tetapan Gerakan Nasional Melawan Oteoporosis ini akan terus bergulir dengan berbagai akitifitas di seluruh daerah dan juga akan diturunkan menjadi Gerakan Derah Melawan Osteoporosis agar upaya pencegahan dan penanggulangan osteoporosis ini dapat maksimal menjangkau seluruh lapisan masyarakat," kata Anita Hutagalung.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya