Dukungan Produk Lokal ke Timnas BMX Indonesia Menuju Asian Games 2022

Skuad Timnas BMX Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – BMX bakal menjadi salah satu nomor yang bakal tampil membela Indonesia di ajang Asian Games 2022 Hangzhou, China, September mendatang. Demi meraih kesuksesan prestasi, Timnas BMX Indonesia mendapat dukungan dari sejumlah produk sepeda lokal.

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Terdapat tiga pabrikan sepeda lokal yang berkomitmen untuk menyokong perjuangan Timnas BMX Indonesia. Mereka adalah United, Polygon, Thrill.

Bentuk dukungan tersebut dengan memberikan frame untuk digunakan atlet Merah Putih  mengasah diri dan berkompetisi di tingkat nasional, regional, dan bahkan internasional.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

United hadir untuk mendukung dua atlet kebanggaan Indonesia, yakni I Gusti Bagus Saputra dan Jasmine Azzahra Setyobudi. Salah satu pencapaian terbaik United dengan berperan membawa Bagus meraih medali perak di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Bagus pun berharap bisa meningkatkan prestasinya di Asian Games tahun ini lantaran masih disokong merek yang sama. Dia juga semakin termotivasi di Asian Games 2022 dengan menargetkan medali emas.

Ini Rekomendasi Sepeda Anak yang Aman dan Nyaman, Hadiah Terbaik untuk Sang Buah Hati

"Sejak awal saya mendapat dukungan dari United. Jadi, saya sangat terbantu dalam mengembangkan karier dan ada teman-teman rider dari berbagai negara seperti Australia juga menanyakan terkait sepeda yang saya pakai," kata Bagus kepada wartawan.

Satu pesepeda lainnya, Yussi Wakhidur Rizal, mendapatkan kesempatan untuk didukung Polygon. Sementara, tiga rider lainnya, Aditya Fajar Putu Soekarno, Amellya Nur Sifa, dan pebalap muda Tanah Air Muhammad Alfauzan mendapat dukungan dari Thrill, produsen sepeda asal Gresik, Jawa Timur.

Sekretaris Jenderal PB ISSI Parama Nugroho mengapresiasi produsen sepeda lokal yang terus mendukung kemajuan prestasi olahraga balap sepeda di Indonesia yang sebenarnya sudah lama dilakukan. 

Dia pun berharap dukungan kepada atlet Indonesia akan terus berlanjut, sehingga bisa tumbuh dan berkembang bersama di pentas internasional. 

"Sepeda buatan dalam negeri tak kalah saing dengan yang lainnya. Harapan kami tentunya di Olimpiade Paris 2024, bukan saja merek sepedanya yang tampil. Melainkan juga dengan atlet nasional kita," kata Parama.

Selain prestasi, PB ISSI juga ingin memajukan industri olahraga. Ini juga sesuai dengan tujuan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Induk organisasi balap sepeda di Tanah Air ini sangat terbuka bagi semua pihak yang ingin bekerja sama dengan tujuan memajukan prestasi olahraga nasional. 

"Kalau di dunia otomotif, support dari pabrikan itu sangat luar biasa. Tentunya pada balap sepeda juga bisa. Artinya kami berharap industri sepeda juga bisa mendukung industri olahraganya. Sehingga bisa tumbuh bersama," kata Parama. 

"Atlet Indonesia bisa menjadi duta mereka dan secara tidak langsung kita juga mempromosikan produk asal Indonesia. PB ISSI terus berusaha untuk membangkitkan industri olahraga. Karena kita bisa tumbuh bersama jika saling mendukung satu sama lain," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya