NOC Indonesia Siap Bantu Proses Pemulihan Cedera Citra Febrianti

Penyerahan bonus untuk Citra Febrianti, peraih medali perak Olimpiade 2012
Sumber :
  • Dok. Komite Olimpiade Indonesia

VIVA Sport - Lifter putri Indonesia, Citra Febrianti yang pernah membela Indonesia di Olimpiade London 2012 mengalami cedera pada tulang lumbal. Menurut pengakuan Citra, cedera yang ia alami sudah sejak ia berumur 12 tahun.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Cedera yang dialaminya kian parah ketika ia mulai menekuni profesi sebagai atlet angkat besi

Di tengah kondisi ekonomi yang pas-pasan, Citra pun menaruh asa kepada Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) dan pihak terkait agar mendapatkan bantuan sebagai penanganan medisnya.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

"Mudah-mudahan sih ada bantuan, kalau memang enggak bermasalah dan menyangkut masa depan, saya enggak akan minta tolong, tapi memang benar-benar saya enggak ada biaya juga. Cedera saya ini semakin lama semakin saya tidak bisa tahan, makanya minta tolong," ungkap Citra saat hadir di Kantor KOI, Jakarta, Rabu 6 Juli 2022. 

Bak gayung bersambut, Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari pun menerima permohonan Citra dengan tangan terbuka. Bersama dengan Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Ferry Kono, Okto mengatakan bahwa pihaknya akan membahas depan Citra.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

"Butuh waktu memperbaiki cedera (Citra), itu bagian dari tugas kita berikutnya, karena dia cedera pasca event," ujar sosok yang karib disapa Okto ini.

Okto menambahkan, meski cedera yang dialami oleh Citra sudah terjadi lama dan di luar konteks pertemuan pada hari ini yang membahas mengenai teknis realokasi medali perak Olimpiade London 2012 yang berhasil didapatkannya. 

"Saya bilang hasil dari rapat kita, walaupun ini di luar konteks, tapi hari ini juga, ke luar dari kantor ini Citra harus segera di MRI, paling tidak kita tahu permasalahannya di mana, setelah itu kita akan komunikasi dengan semua pihak yang mendukung," ucap Okto.

Citra Febrianti sebelumnya berlaga di Olimpiade London 2012 turun di kelas 53Kg putri. Perempuan kelahiran Pringsewu, Lampung itu meraih posisi keempat. 

Kini ia berhak atas realokasi medali perak setelah IOC mendiskualifikasi peraih medali emas Zulfiya Chinshanlo asal Kazakhstan pada 19 Oktober 2016 serta peraih perunggu Cristina Iovu wakil dari Moldova pada 10 November 2016.

Empat tahun berlalu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) tak kunjung memutuskan medali perak Citra meski ia mengaku telah berkirim surat kepada NOC Indonesia pada 25 Oktober 2018.

Kabar tersebut sampai ke telinga Ferry Kono sehingga NOC Indonesia langsung berkomunikasi dan berkirim surat ke IOC. Dua pekan kemudian, tepatnya 19 November 2020, IOC secara resmi memutuskan Citra berhak atas medali perak kelas 53kg Olimpiade London.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya