Diikuti 320 Atlet, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Diyakini Lebih Kompetitif

Diikuti 320 Atlet, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Diyakini Lebih Kompetitif
Sumber :
  • istimewa

VIVA Sport – Apresiasi pantas diberikan kepada para pebasket muda DKI Jakarta. Mereka antusias menyambut hadirnya Mandiri 3X3 Indonesia Tournament yang sudah memasuki tahun kedua. 

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Sebanyak 320 atlet dari 80 tim ikut ambil bagian dalam turnamen 3X3 khusus kelompok umur U-18 dan U-23 baik putra maupun putri yang dilaksanakan PT Supersport Sensation International bekerja sama dengan PP PERBASI didukung oleh PT Bank Mandiri, Tbk. Mereka akan bertarung di City Selection pada 27 dan 28 Mei 2023 untuk perebutkan tiket Province Finals. 

"Jujur kami tidak menyangka peserta akan sebanyak ini. Total ada 80an tim mendaftar," jelas Project Director Mandiri 3x3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Jika dibandingkan dengan pelaksanaan tahun lalu, jumlah peserta memang lebih sedikit. Tahun lalu sampai diikuti seribu peserta dengan total pertandingan 480 laga. Mereka bertanding selama lima hari City Selection. 

Bedanya tahun ini, pelaksanaan City Selection waktunya diperpendek menjadi dua hari saja. Pada 27 dan 28 Mei di GOR Bulungan Jakarta Selatan. 

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

“Kami sengaja mengubah durasi City Selection jadi lebih pendek agar peserta lebih maksimal menunjukkan kemampuannya. Ini hasil evaluasi tahun lalu karena panjangnya waktu City Selection tahun lalu membuat peserta banyak yang tidak bisa mengikuti sampai selesai karena mereka masih sekolah,”  ungkap Chaerul. 

Lanjut Chaerul, dengan waktu dua hari seleksi kota menjadi lebih kompetitif. Bobot pertandingan juga akan semakin bagus karena semua bisa lebih total dan fokus di setiap pertandingan. 

“Itu bisa kita lihat di pelaksanaan City Selection di kota-kota sebelumnya. Semua peserta sangat antusias menjadi yang terbaik. Kami yakin di Jakarta juga tidak akan kalah menarik persaingannya,” tegasnya. 

Diakui Chaerul, terjaganya animo peserta ini tidak lepas dari campur tangan Pengprov PERBASI DKI Jakarta. Tahun ini pelaksanaan City Selection menempatkan pengurus provinsi Perbasi sebagai garda terdepan mengikat peserta. 

Beda dengan tahun lalu yang pelaksanaannya langsung ditangani oleh PT Supersport Sensation International sejak City Selection. Mulai tahun ini, mereka memutar pertandingan setelah memasuki fase Province Finals.

"Turnamen ini memang sengaja dibuat untuk menjadi panggung para pebasket muda menunjukkan kemampuannya. Kami tunggu di GOR Bulungan," ucapnya.

Mandiri 3x3 Indonesia Tournament ini  disponsori PT Bank  Mandiri, Tbk. Kemudian didukung oleh Lima, Mega Soccer, Hobibasket.id, dan Crystalin.

Sebelum hadir di Jakarta, pelaksanaan Mandiri 3x3 Indonesia Tournament tahun ini dibuka di Surabaya, Jawa Timur, pada 25 Februari 2023. Kemudian bergeser ke Jawa Barat. Seri Jawa Barat dimulai dari Depok pada 29 April 2023 dan berakhir dengan pencarian delapan tim terbaik dalam Province Finals pada 6 Mei 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya