Piala Presiden Esports 2023 Segera Dimulai, Ada yang Baru di Edisi Tahun Ini 

Piala Presiden Esports 2023
Sumber :
  • Piala Presiden Esports 2023

Jakarta – Piala Presiden Esports 2023 segera dimulai. Ada dua game yang dipertandingkan di Piala Presiden 2023 yaitu Lokapala dan Mobile Legends: Bang Bang.  

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Dalam edisi kelimanya, Piala Presiden Esports akan menyajikan hadiah sekitar Rp2 Miliar, dimana bakal ada sebanyak 50.000-an peserta yang ikut. 

Selain itu, untuk pertama kalinya, Piala Presiden Esports 2023 akan mempertandingan kategori wanita lewat cabang Mobile Legends: Bang Bang. 

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Piala Presiden Esports 2023 ini merupakan kolaborasi KINCIR, Megapro Communications, serta pemerintah Indonesia melalui beberapa kementerian. Antara lain adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenpora, Staf Kepresidenan, serta PB Esports Indonesia (PB ESI). 

"Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2023 ini merupakan dukungan dari pemerintah terhadap pengembangan ekosistem Esports dan industri game lokal Indonesia," kata Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko saat memberikan sambutan lewat video, Selasa 18 Juli 2023. 

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berharap Piala Presiden Esports 2023 dapat mendorong lebih banyak game lokal. Dia juga angkat topi dengan kehadiran game lokal di Piala Presiden Esports. 

""Kami ingin mendorong lebih banyak game lokal. Saya memberikan apresiasi Piala Presiden Esports 2023 oleh KINCIR yang menghadirkan game lokal," ujar Sandiaga. 

Di sisi lain, perwakilan PB ESI, Ashandi Ang menyebut, Piala Presiden Esports bisa dijadikan untuk menjaring bibit-bibit berbakat. Pasalnya, Piala Presiden Esposrts 2023 diikuti beberapa wilayah di Tanah Air. 

"Melalui ajang ini bakat-bakat potensial Tanah Air dapat terus mengembangkan diri dan siap menyongsong masa depan yang gemilang di panggunh kompetisi Esports internasional," ucap Ashandi. 

Adapun untuk periode pendaftaran Piala Presiden Esports 2023 sudah dibuja sejak 13 Juli lalu. Turnamen dimulai dari babak kualifikasi regional, kualifikasi tertutup, dan kualifikasi terbuka. 

Kemudian dari masing-masing game akan tanding di babak grand final yang rencananya berlangsung di Tennis Indoor, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta pada Oktober 2023. 

"Bukan tidak mungkin jika ke depannya esports tidak hanya menjadi sebuah kompetisi, terapi juga sarana hiburan dan entertainment," ujar jelas Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya