Stafsus Menpora Ardima: Dari Peparpenas Harus Lahir Atlet Berprestasi Dunia

`stafsus Menpora, Ardima Rama Putra
Sumber :
  • istimewa

Palembang – Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X 2023 Sumatera Selatan resmi bergulir pada 1-5 Agustus 2023. 

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Ajang ini dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo di Palembang Sport and Convention Center, Selasa malam WIB, 1 Agustus 2023.

Pembukaan ditandai dengan pelemparan bola Boccia yang langsung mendapat sambutan luar biasa dari penonton. 

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra mengatakan, Peparpenas 2023 ini diharapkan menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan bibit atlet berprestasi. Sebab, saat ini mereka yang menjadi atlet andalan Indonesia di level internasional, mayoritas lahir dari ajang Peparpenas.

Apalagi, sambung Ardima, pemerintah sangat berkomitmen untuk mendukung prestasi atlet dengan membangun Training Camp (TC) untuk atlet difabel di bawah National Paralympic Committee (NPC) di Kawasan Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasri, Delingan, Karanganyar.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

"Yang pasti sejalan dengan program yang sedang dijalankan pemerintah baik di Kemenpora maupun di pusat yaitu segera akan dilakukan groundbreaking Training Camp (TC) untuk atlet difabel. Kita akan punya infrastruktur kelas dunia, jadi disiapkan juga bibit-bibitnya," kata Ardima.

"Nah dari Peparpenas ini harus kita temukan bibit-bibit yang bisa mewakili Indonesia di Asean paragames, Asian paragames, hingga paralimpik. 

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Government Relation FIBA World Cup itu menyatakan bahwa Indonesia tidak pernah kehabisan atlet-atlet difabel berprestasi. Terbukti, Indonesia tiga kali berturut-turut merajai di level Asia Tenggara.

"Dari awal optimisme prestasi itu lebih cenderung ke atlet paralimpik ini dari peparpenas, peparnas. Dan terbukti, di level asean paragmes sudah juara umum tigaa kali, dan semoga peparpenas ini bisa terus berlangsung reguler dan menghasilkan atlet berprestasi di level dunia," harapnya.


Peparpenas merupakan bentuk dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai pengaplikasian Undang Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, dan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, di mana pemerintah menjamin penuh hak berolahraga bagi para sahabat penyandang disabilitas.

Dalam ajang Peparpenas X 2023, ada enam cabor yang dipertandingkan yaitu atletik, boccia, catur, renang, tenis meja, dan bulu tangkis. Pertandingan enam cabang olahraga tersebut akan dipusatkan di Jakabaring Sport City (JSC) Kota Palembang Sumatera Selatan, 29 Juli - 5 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya