Kejurnas Berkuda 2023: Natasha dan Karen Herjawan Sukses Raih Medali Emas

Natasha dan Karen Herjawan Borong Dua Emas di Kejurnas Berkuda 2023
Sumber :
  • istimewa

JAKARTA – Prestasi membanggakan datang dari dua kakak beradik, Natasha dan Karen Herjawan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Berkuda 2023 yang digelar di Jakarta Internasional Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta Timur, Jumat, 15 September 2023.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Natasha sukses membawa pulang medali emas untuk Kontingen DKI Jakarta di dua kelas jumping bergengsi sekaligus, pertandingan Beregu Jumping 120 cm bersama dua rekan atlet lainnya, Agung Riyanto dan Muhammad Akbar Kurniawan.

Di hari pertama pertandingan, Kamis, 14 September 2023, DKI Jakarta sukses mengalahkan Kontingen asal Sumatra Utara (Perak) dan Jawa Tengah (Perunggu).

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Dan di hari terakhir kemarin, Natasha berhasil mengantongi emas untuk DKI Jakarta di Pertandingan Individu Jumping 130 cm dengan perolehan waktu 49.54 bersama kuda andalannya, Happy Rose. 
Di posisi kedua (Perak) ditempati oleh atlet dari Jawa Timur, Rahman Setiawan dengan waktu 50.69, dan Kontingen asal Sumatra Utara, Alfaro Menayang burada diposisi ketiga dengan hitungan waktu 56.42.

Ini merupakan Kejurnas pertama bagi anak kedua dari empati bersaudara itu, dan menjadi pintu pembuka bagi dirinya untuk terus membanggakan Indonesia di kancah International kelak.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

“Aku sangat-sangat puas dengan hasil yang aku dapatkan kemarin (Kamis) hari ini (Jum’at). Aku bertanding sama Karen (adik), kita berdua  selalu ngomong, of course kita fight untuk gold, cuman disaat kita di arena pertandingan," kata Natasha.

"Kita berdua berjanji kita nggak akan terlalu ambisius kearah kemenangan, cuman kita berdua mau enjoy ridenya, kita berdua mau have fun dan itu sih yang kita berdua saling ingatkan,” ucap Natasha.

Saling dukung satu sama lain di setiap pertandingan, hal tersebut yang membuat duo Herjawan ini sukses membawa pulang emas disetiap kelas pertandingan.

“Disaat Karen masuk, aku bilang ke Karen ‘ini bukan pertandingan tapi ini performance. Show your best, dance with your horse’. Karena Karen kan Tamil di kelas dressage (tunggang searsi),” katanya.

“Begitu pun Karen ke aku. Setiap aku masuk ke arena, dia (Karen) samangatin Saku dan mengerti aku, karena adrenalin aku jauh di atas Karen, dan kadang aku nggak bisa mengontrol perasaan aku dan disitu aku bersyukur ada Karen.

"Dia selalu bilang ‘kak udah enjoy dan have fun’. Dan terbukti kalau kita enjoy dan have fun hasil itu akan mengikuti. Menurut aku kuncinya di situ (enjoy dan have fun), have fun dan berdansalah bersama kuda-kuda kita masing-masing,” sambungnya.

Membawa dua emas di dua hari berturut-turut diaku wanita berambut panjamg itu mengaku tak menyangka. 

“Jujur aku nggak nyangka, karena ya ada banyak kontingen di Kejurnas ini. Aku apalagi ya ada banyak kelelahan karena aku habis ikut trainning camp minggu lalu sebelum Kejurnas, minggu depannya langsung Kejurnas, emosional dan mental juga sangat kacau sih jujur. Beberapa kali aku sempat putus asa,” ungkapnya.

“Cuma, kembali lagi ini tanggung jawab aku, aku sudah berjanji untuk do my best, dan aku tepati itu semua pada dua hari kemarin dan hari ini. Terima kasih Tuhan, akhirnya aku dan Karen mendapatkan hasil yang sangat-sangat luar biasa. Setiap pertandingan pasti ada menang dan kalah, jadi harus menerima saja apapun hasilnya itu dan selalu bersyukur apapun itu hasilnya,” timpalnya.

Setelah Kejurnas berakhir ada sederet Kejuaraan International yang akan ia ikuti. Natasha mengaku semangat menjalani peratandingan yang akan digelar di Afrika Selatan, November mendatang.

“Kebetulan minggu depan aku berngkat ke Belanda buat latihan karena minggu pertama Oktober (3-8 Oktober) aku ada Final World Jummping Challenge di Afrika Selatan," ucapnya.

"Yang ini pertandingannya lumayan beda ya, karena di sana nanti aku pinjam kuda, aku nggak bisa pakai Happy Rose (kudanya) jadi benar-benar aku sama sekali nggak kenal dan diundi juga. Ya untuk itu aku tetap fokus. Have fun and do my best,” katanya.

Berikut tips Natasha sukses membawa dua emas di Kejurnas Berkuda 2023 yang dibagikannya.

“Tips yang sesungguhnya adalah aku atau kita sebagai atlet ya tugas kita adalah berlatih dan berjuang di arena. Jangan terpengaruh dengan apa yangg ada di belakang. Karena target aku mau lebih tiunggi lagi dari  ini, impian aku untuk menjadi atlet Internasional. Tentu ini bukan akhir tujuan aku sama Happy Rose (kuda), masih banyak yang aku mau kejar sama Happy Rose, tapi saat ini aku sangat puas dengan kemenangan aku di Kejurnas Bermuda 2023 hari ini,” katanya bang.

Karen Herjawan sukses membawa pulang medali emas untuk provinsi Sumatra Selatan mengalahkan juara bertahan kontingen asal Jawa Barat dengan perolehan nilai 130,453 persen di kelas Final Individual PSG dan Freestyle, Selasa, 12 September 2023.

Sementara kontingen asal Jawa Barat, Valentino Lumentah dan Djolfi Momongan memperoleh angka kemenangan 126,939 persen dan 129,397 persen.

“Aku senang banget dan bangga bisa jadi atlet pertama yang menyumbangkan emas untuk Sumatra Selatan di Kejurnas Berkuda 2023 di Final Kelas Individual PSG dan Freestyle. Happy banget aku hari ini," Kata Karena.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya