Kejuaraan Tarkam Kabupaten Malang, Menpora: Ini Sesuai Perintah Presiden

Menpora Dito buka Kejuaraan Tarkam di Malang
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, secara resmi membuka Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Piala Kemenpora 2023 di Kawasan Kompleks Stadiun Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat 6 Oktober 2023.

Menpora Dito Beri Kabar Baik, Arab Saudi Komitmen Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

"Pertama saya sampaikan terima kasih kepada Pemkab. Malang yang senantiasa semangat berkolaborasi bersama Kemenpora mengadakan Kejuaraan Tarkam Piala Kemenpora 2023 di Kab. Malang," kata Menpora Dito.

"Dengan ini Kejuaraan Tarkam di Kabupaten Malang saya nyatakan dibuka," sambung Menpora Dito didampingi Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono, Asdep Olahraga Pendidikan Ferry Hadju.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Menurutnya, Kejuaraan Tarkam Piala Kemenpora 2023 merupakan sebuah semangat agar Kemenpora sesuai perintah Presiden memiliki program yang menyentuh langsung masyatakat dan juga sekaligus talent scouting di seluruh wilayah Indonesia.

"Hari ini saya senang dan bangga mendapat informasi bahwa Tarkam di Kabupaten Malang ini diikuti 600 atlet. Terdiri dari 402 atlet atletik dan sisanya atlet bulutangkis dan tenis meja. Saya yakin dari keseluruhan peserta minimal 30% nya berpotensi menjadi atlet nasional," urai Menpora Dito.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

"Saya sangat mengapresiasi kepada masyarakat Kab. Malang yang sangat antusias menyambut kejuaraan ini. Semoga kehadiran kami bisa menambah motivasi para atlet," tambah Menpora Dito.

Menpora Dito menekankan bahwa pemerintah pusat hadir hingga ke kecamatan dan desa sebagai bentuk perhatian terhadap perkembangan serta pembinaan atlet usia dini.

"Melalui momentum ini saya ingin membuat sebuah motivasi dan semangat bahwa anak-anak atlet di desa dan kecamatan pun di perhatikan oleh pemerintah pusat. Kita ingin semua para atlet ini memiliki mimpi tinggi hingga ke olimpiade tak hanya sampai PON saja," sebut Menpora Dito.

"Saya juga meminta agar seluruh pertandingan di kejuaraan tarkam ini dikolaborasikan dengan Igornas dan juga KONI serta federasi olahraga terkait. Ini bertujuan agar seluruh peserta yang turut dalam kejuaraan ini dapat dilihat potensinya. Kegiatan ini juga sebagai momentum untuk berkumpul dan silaturahmi sehingga mendukung industri lokal (UMKM) yang dijual di area pertandingan. Saya sangat gembira ternyata antusias masyarakat sangat tinggi," paparnya.

Plt. Kadispora Kabupaten Malang Firmando H Matondang menyampaikan, kegiatan Tarkam di Kab. Malang dilaksanakabn dari tanggal 6-8 Oktober di kawasan Stadion Kanjuruhan. 

"Peserta sebanyak 600 atlet dari 33 kecamatan dan seluruh lapisan masyarakat kategori umum dan pelajar. Cabor yang dipertandingkan yakni atletik, bulutangkis dan tenis meja," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto mengucapkan terima kasih kepada Menpora Dito, atas kolaborasi yang terjalin antara Kemenpora RI bersama Pemerintah Kabupaten Malang dalam menyelenggarakan Kejuaraan.

"Atas nama pemerintah Kab. Malang kami sampaikan terima kasih dan selamat datang untuk Mas Menpora dan rombongan atas kerjasama dan kolaborasi dalam pelaksanaan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 ini," kata Didik dalam laporannya mewakili Bupati Kab. Malang.

"Semoga kehadiran Mas Menteri menjadi motivasi bagi kita semua dan bisa memberikan manfaat sekaligus dampak positif serta konstruktif yang mampu membawa kemajuan di bidang pemuda dan olahraga di Kab. Malang," imbuhnya 

Pemkab Malang lanjutnya, tentu menyambut baik dan berterima kasih kepada Mas Menpora dan Kemenpora serta semua pihak yang telah mendukung dan terlibat atas suksesnya kejuaraan Tarkam Piala Kemenpora 2023. 

"Semoga gagasan, upaya yang dilakukan secara nasional ini kedepan Indonesia akan menghasilkan atlet-atlet uang mengharumkan bangsa Indonesia. Mudah-mudahan nantinya seluruh rangkaian berjalan lancar, sukses serta mampu mencapai hasil yang diharapkan," harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya