Mengerikan, 2 Petarung Indonesia Bakal Lawan Amerika Serikat di Cage Warriors

Dua petarung Indonesia tampil di Cage Warriors
Sumber :
  • Mola

VIVA Sport – MMA Fight Academy kembali menurunkan dua atlet asal Indonesia pada laga internasional lainnya. Jon Saragih dan Frans Lincol Sormin dijadwalkan tampil pada Cage Warriors (CW) 155 di San Diego, Amerika Serikat.

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Keduanya bertanding, Jumat 2 Juni 2023 Pada ajang ini, Jon akan berhadapan dengan Johnny Gill Jr di kelas bantam, sedangkan Frans Lincol ditantang James Settle pada kelas yang sama.

Jon merupakan petarung termuda yang mengikuti program pelatihan MMA Fight Academy.

Rocky Gerung: Mental Petarung Surya Paloh Lama-lama Mulai Mengalami Inflasi

Pria kelahiran 8 September 2002 itu berasal dari Simalungun, Sumatera Utara dan masih memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan petarung pertama Indonesia di UFC, Jeka Saragih.

Sejak Februari lalu, Jon yang mengawali karier MMA profesionalnya sejak 4 tahun lalu digembleng di San Diego, Amerika Serikat. 

Ditemani CEO One Pride, Yudi Cahyadi Terbang ke Shanghai Ikuti UFC Performance Institute

Selama mengikuti program ini digagas oleh Cage Warriors dan Mola TV ini, Jon ditangani oleh dua pelatih, Marc Fiore dan Jack Burakcer.

Jon sebelumnya lolos lewat audisi yang digelar di Bali, tahun lalu. Begitu juga dengan Frans Lincol. Pria asal Panetonga, Pematang Siantar itu sebelumnya melatih di gym Bali MMA.

Frans telah berkarier di MMA profesional sejak 4 tahun lalu. Dia mengemas rekor 4-0-0.

Bagi Frans, MMA tak sekadar urusan prestasi. Seni beladiri campuran itu juga merupakan 'jalan keluar' bagi beratnya cobaan hidup yang menimpanya.

Sebelumnya, Frans sangat terpukul oleh kepergian kedua orang tuanya dalam waktu yang beruntun.

Saat kesedihan belum sepenuhnya reda, Frans kembali tertimpa musibah.

Rumahnya dibakar warga setelah terlibat tabrakan usai menarik penumpang sepulang kuliah di Universitas Simalungun (USI).

Dia kemudian bertolak ke Jakarta untuk mengikuti langkah temannya yang sudah lebih dulu beralih ke MMA. Dari ibu kota, Frans kemudian pindah ke Bali dan melatih di Bali MMA.

Frans dikenal sebagai sosok yang penuh canda dan usil. Dia dijuluki 'The Big Baby'. Namun karakter itu berubah drastis saat pertandingan. Di oktagon, Frans terlihat sangat agresif. 

Baik Jon maupun Frans Lincol sama-sama tengah berusaha mendapatkan kontrak internasional pertamanya. Sebelumnya, kesempatan ini berhasil direbut oleh Cornellius Aritonang. 

Pria asal Sidikalang, Sumatera Utara itu mendapat kontrak dari Cage Warriors usai memenangkan pertarungan Cage Warriors 154 yang berlangsung di Roma, Italia, 7 Mei yang lalu.

Dari sembilan petarung Indonesia terakhir yang tersisa di MMA Fight Academy, baru Cronellius yang berhasil memenangkan laga internasionalnya. 

Sementara lima lainnya mengalami kekalahan di CW 154 dan Road to UFC Season 2. Satu petarung lainnya batal tampil di Road to UFC akibat sempat KO pada sesi sparring partner, April lalu.

Berikut adalah rekap hasil pertarungan fighter Indonesia jebolan MMA Fight Academy:

Cage Warriors 154 Roma, Italia

Cornelliys Aritonang: menang

Yoga Prabowo: kalah

Road to UFC Season 2

Ronal Siahaan: kalah

Billy Pasulatan: kalah

Eperaim Ginting: kalah

Windri Patilima: kalah

Rezha Arianto : Batal tampil 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya