Sprint Race MotoGP Australia 2023 Dibatalkan, Pembalap Merasa Bersalah

Sirkuit Phillip Island
Sumber :
  • twitter.com/MotoGP

Australia – Sprint race MotoGP Australia 2023 resmi dibatalkan. Cuaca buruk di Sirkuit Phillip Island, Minggu siang WIB 22 Oktober 2023 yang jadi penyebabnya.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Cuaca buruk ini memang sudah diprediksi sejak beberapa hari lalu. Itu sebabnya ada perubahan yang dilakukan, yakni menggeser balapan MotoGP Australia 2023 menjadi kemarin.

Sepanjang balapan berlangsung, lintasan dalam keadaan kering. Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco yang keluar sebagai juara.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

MotoGP Australia 2023

Photo :
  • twitter.com/MotoGP

Pada hari ini, tim dan manajemen balapan menggelar pertemuan. Angin kencang disertai udara dingin dianggap membahayakan keselamatan pembalap.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Pada akhirnya diputuskan sprint race MotoGP Australia 2023 dibatalkan. Meski di sekitar sirkuit sudah banyak penonton yang datang. Diperkirakan sudah ada 19.787 orang yang menerjang tepi trek yang berangin dan hujan.

Sempat dilangsungkan balapan Moto2 pada hari ini. Namun, setelah melalui 10 putaran dihentikan dengan alasan cuaca terus memburuk.

Fabio Quartararo MotoGP Jepang 2022

Photo :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

Keputusan sprint race MotoGP Australia 2023 dibatalkan membuat pembalap merasa bersalah. Karena mereka melihat banyak penonton yang sudah datang.

"Saya berharap kami dapat memberi balapan lagi kepada para penggemar di Australia, meski sprint-nya cuma singkat," kata Franco Morbidelli, dikutip dari Crash.

"Saya measa kasihan kepada para penggemar yang menunggu begitu lama di tengah hujan hari ini, namun cuaca menghalangi kami untuk balapan. Ini memalukan, tapi itulah kenyataannya. Untuk kami melakukan balapan penuh kemarin," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan oleh Fabio Quartararo. Pembalap Monster Yamaha itu sejatinya juga ingin melihat sejauh mana motornya bisa dipacu di sprint race.

"Memang benar akhir pekan ini kami tidak memulai balapan dengan posisi terbaik, tapi saya ingin melihat potensi kami di sprint," ujar Quartararo.

"Bagaimana pun, kondisi cuaca tidak memungkinkan. Saya sangat menyesal untuk para penggemar yang datang dan saya ingin berterima kasih atas dukungan mereka."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya