Fakta Jelang Laga Dendam Kevin/Marcus Vs Juara Dunia di Final BWF

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Sumber :
  • BWF

VIVA – Perjalanan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menuju tangga tertinggi final turnamen Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF tak semudah yang dibayangkan.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Untuk bisa melaju ke semifinal saja, The Minions harus berhadapan dengan ganda-ganda putra terbaik dunia yang tergabung dalam grup A.

Di babak 1 penyisihan grup A, Kevin/Marcus harus menghadapi wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Untuk bisa mengalahkan pasangan ini saja, Kevin/Marcus harus bermain rubbergame. Setelah sempat kalah di gim pertama.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Setelah melewati rintangan pertama, Kamis malam ini 13 Desember 2018, Kevin/Marcus harus menghadapi musuh bebuyutan asal China, Li Junhui/Liu Yuchen.

Pertemuan Kevin/Marcus dengan Li/Liu kali ini merupakan pertarungan yang ke-10 sepanjang karier mereka.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Dalam 9 pertemuan terakhir, Kevin/Marcus menorehkan catatan prestasi yang mengerikan ketimbang Li/Liu. Karena Kevin/Marcus berhasil memenangkan 8 laga, sedangkan lawannya baru bisa menang sekali saja.

Li Junhui/Liu Yuchen

Rivalitas kedua pasangan ini sangat kentara di lapangan. Bahkan, Kevin pernah kepergok tak mau menyalami Li Junhui ketika mereka baru saja selesai bertanding di final Jepang Terbuka 2018 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Minggu 16 September 2018.

Meski telah 8 kali kalah. Tapi, di pertemuan kali ini bisa saja hasilnya akan berbeda. Karena Li/Liu akan tampil di tanah kelahiran mereka sendiri yang notabene sudah pasti bakal mendapat dukungan penuh dari suporter lokal.

Jika berkaca dari prestasi yang mereka torehkan, diketahui Li/Liu selama tahun 2018 ini, mendapatkan dua gelar juara yaitu Juara Dunia 2018 dan Juara Asia 2018. Karena prestasi itu, Li/Liu hingga saat ini masih bercokol di ranking 2 dunia.

Sedangkan Kevin/Marcus merupakan pemegang ranking 1 dunia. Selama 2018 ini, mereka sudah 9 kali naik podium juara di antaranya Indonesia Masters, India Terbuka, All England, Indonesia Terbuka, Asian Games, Jepang Terbuka, Denmark Terbuka dan Hong Kong Terbuka. (zam)

Baca: Tak Disangka, Si Kumis Pecundangi Tommy Sugiarto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya