Resmi, Pelatih Hebat Bulutangkis Jepang Hijrah ke Indonesia

Rionny saat mendamping tim ganda putra Jepang di Indonesia Masters 2019.
Sumber :

VIVA – Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia akhirnya memutar otak untuk meningkatkan prestasi tunggal putri yang semakin terpuruk. Hasilnya, pelatih baru pun direkrut. Siapa pelatih itu.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Dalam siaran resminya, Jumat 15 Maret 2019, PBSI mengumumkan nama Rionny Frederik Lambertus Mainaky sebagai pelatih kepala tunggal putri.

Rionny resmi dipastikan resmi melatih Gregoria Mariska Tunjung cs per-1 April 2019. Namun, akhir Maret ini dia sudah mulai berada di Pelatnas Cipayung.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Menurut Susy Susanti, Rionny langsung disambar PBSI ketika kontraknya sebagai pelatih dengan Jepang berakhir usai dilangsungkannya All England Open 2019.

"Kami mau saling jaga. Dengan dia masih terikat kontrak dengan Jepang, kami tidak mau mengganggu. Kami ada kode etik juga. Kami tidak mau kontrak Rionny dengan Jepang kemarin, terganggu di tengah jalan. Kami dari PBSI dan Rionny juga sepakat hubungan kami dengan Jepang ke depannya akan tetap baik," ujar Susy.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Susy mengatakan, sebenarnya ada beberapa nama yang dikantongi PBSI untuk direkrut jadi pelatih. Tapi, Rionny dinilai paling cocok. Sebab pria itu terbukti telah berhasil membuat pemain Jepang berjaya di bulutangkis dunia.

Akhirnya melalui proses panjang, Susy berhasil merayu Rionny untuk hijrah dan kembali ke tanah air.

"Jadi memang dari tahun lalu kami mencari-cari orang yang tepat. Sebenarnya ada banyak sekali calonnya, ada yang mengajukan diri, ada yang kami pantau juga. Tapi kami kan juga mencari yang sesuai dengan kebutuhan. Kami tidak menutup mata kalau putri-putri Jepang saat ini bagus-bagus dan kuat. Ternyata kan ada pelatih Indonesia di sana, Rionny Mainaky. Kami lakukan pendekatan dan akhirnya beliau setuju," kata Susy.

Rionny akan melatih tunggal putri didampingi Minarti Timur. Dan diharapkan dia bisa menularkan prestasi luar biasa seperti yang dilakukannya pada pebulutangkis Jepang.

"Di sisi lain, visi misi Rionny dengan para pelatih tunggal putri Indonesia saat ini cocok. Sekarang kan tunggal putri juga menunjukkan ada kemajuan. Jadi saya mau Rionny dan Minarti menjadi satu tim yang solid," kata Susy.

Perlu diketahui, selama melatih di tim bulutangkis Jepang, Rionny sudah mencetak banyak pebulutangkis hebat. Seperti Yuta Watanabe, Takeshi Kamura, Keigo Sonoda dan lainnya.

Semoga saja di tangan Rionny, tunggal putri Indonesia bisa berjaya di kancah bulutangkis dunia. Dan, Malaysia Open 2019 akan menjadi turnamen pertamanya bersama tim bulutangkis Indonesia.

Baca: Gawat, Anthony Ginting Bentrok Vs Raja Raksasa Bulutangkis Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya