Sudirman Cup di China Angker, 4 Negara Sudah Jadi Korban

Fu Haifeng/Cai Yun di Sudirman Cup 2009.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Ada sebuah fakta dari kejuaraan beregu campuran Sudirman Cup. Tahukah kamu, belum ada satu tim dari negara manapun di dunia ini yang bisa membawa pulang trofi kejuaraan ini dari negeri China.

Kevin Sanjaya Announces His Retirement from Badminton World

Sejak pertama kali digelar pada 1989, Sudirman Cup sudah 15 kali digelar di berbagai negara. Dan negara yang paling sering menjadi tuan rumah ialah China. Tercatat mereka telah 4 kali jadi tuan rumah.

Yaitu Sudirman Cup 2005 di Beijing,  Sudirman Cup 2009 di Guangzhou, Sudirman Cup 2011 di Qingdao dan Sudirman Cup 2015 di Dongguan.

PBSI Resmi Umumkan Kevin Sanjaya Hengkang Dari Pelatnas

4 negara telah menjadi korban keangkeran Sudirman Cup jika digelar di China, dan semuanya dibantai habis di final dengan skor sempurna. Korban pertamanya ialah Indonesia, mereka dikalahkan China di final 2005 dengan skor 3:0.

Lalu, pada 2009 giliran Korea Selatan yang jadi korban keganasan China kampung. Tim negeri ginseng dibantai dengan skor 3:0 di final.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Selanjutnya, korban ketiga ialah Denmark di Sudirman Cup 2011. Jawara Eropa itu juga bernasib sama dengan Indonesia dan Korea. Dibantai dengan skor 3:0 di final.

Dan korban keempat yaitu, Jepang. Pasukan negeri matahari terbit itu dihajar habis-habisan oleh skuat China di final Sudirman Cup 2015 dengan skor 3:0.

Tahun 2019 ini, China kembali menjadi tuan rumah. Sudirman Cup akan digelar di Kota Nanning mulai 19 hingga 26 Mei 2019.

Jika melihat peta kekuatan skuat China di Sudirman Cup kali ini, mereka sangat berpeluang menjadi juara. Jika hal ini terjadi, maka catatan rekor keangkeran Sudirman Cup di China semakin panjang.

Namun, yang paling menarik ditunggu ialah, siapa yang bakal jadi korban berikutnya. Ataukah sebaliknya, China sendiri yang bakal tersungkur di tanah air mereka.

Baca: Ironis, Nama Raja Raksasa Bulutangkis Dunia Raib dari Sudirman Cup

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya