Hasil Undian Piala Sudirman: Indonesia Hadapi Musuh Bebuyutan

Trofi Piala Sudirman
Sumber :
  • BAW

VIVA –Tim Badminton Indonesia bertemu musuh bebuyutan pada Piala Sudirman 2021. Hal itu dipastikan setelah undian babak penyisihan grup telah rampung, Rabu 25 Agustus 2021.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Sebanyak 16 negara partisipan diundi menjadi empat grup, dimana juara dan runner-up setiap grup akan melaju ke babak perempatfinal. 

Ajang bulutangkis beregu campuran dunia tersebut rencananya akan dihelat pada 26 September - 3 Oktober di Kota Vantaa, Finlandia. Kota ini ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Suzhou di China.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Dalam hasil undian, Indonesia ada di unggulan 3/4 yang menghuni Grup C bersama Denmark, ROC (Russian Olympic Committee), dan Kanada. 

Hasil undian ini menjadi pertemuan yang ke-10 Indonesia dengan Denmark di penyisihan grup Piala Sudirman. Kedua negara ini pernah saling bertemu di fase grup.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tercatat, Indonesia pernah bertemu dengan Denmark pada tahun 1993, 1995, 1997, 2001, 2003, 2007, 2015, 2017, dan 2019. 

Sedangkan, Indonesia terakhir kali juara pada tahun 1989 silam. Sisanya, Merah Putih finish di tempat kedua, yaitu tahun 1991, 1993, 1995, 2001, 2005, dan 2007. 

Alhasil, di atas kertas, lawan terberat Indonesia tentunya ada pada tim Denmark. Mereka memiliki kekuatan merata seperti Viktor Axelsen (tunggal putra), Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (ganda putra) hingga Mathias Christiansen/Alexandra Boje.

Tetapi ROC dan Kanada juga harus tetap diwaspadai. Hal ini diaminkan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

"Untuk undian hasil Piala Sudirman ini saya rasa cukup baik. Tetapi tetap kita tidak boleh lengah dan anggap remeh karena kita satu grup dengan Denmark yang seimbang dan juga Rusia dan Kanada yang bisa mengejutkan," kata Rionny dalam rilis yang diterima VIVA.

"Sekarang kami akan fokus untuk mempersiapkan diri untuk turnamen-turnamen penting ini," lanjutnya.

Rionny juga mengaku sudah mempersiapkan program-program khusus dalam latihan demi asa mengembalikan lambang supremasi bulutangkis dunia tersebut. 

Bahkan ia juga memastikan akan menggelar simulasi sebagai rangkaian persiapan.

"Untuk saat ini memang kami di semua sektor masih melakukan latihan recovery, pemulihan kembali paska Olimpiade lalu dari stamina, fisik dan mental. Nah, setelah ini baru akan masuk ke persiapan intensif baik itu Piala Sudirman maupun Thomas & Uber," ungkap Rionny.

"Saya dan pelatih juga sudah menyiapkan program-program khusus untuk para atlet, karena berkaca dari pengalaman kemarin di Tokyo, apa yang kurang-kurang harus dibenahi, termasuk nanti kami akan menggelar simulasi dalam waktu dekat sebagai rangkaian dari melihat kesiapan tim," sambung Rionny.

Berikut hasil undian lengkap Piala Sudirman 2021.

Grup A:
China
Thailand
Finlandia
India

Grup B:
Chinese Taipei
Korea Selatan
Tahiti
Jerman

Grup C:
Indonesia
Denmark
ROC (Russian Olympic Committee)
Kanada

Grup D:
Jepang
Malaysia
Inggris
Mesir

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya