Jonatan Christie Terjatuh dari Kursi Roda dan Juara di French Open

Jonatan Christie
Sumber :
  • twitter.com/INABadminton

VIVA – Para pebulutangkis dunia bersiap tampil di French Open 2024. Ini adalah turnamen keenam dalam rangkaian seri Tur Dunia BWF 2024 dan termasuk dalam kategori turnamen BWF Level 3 atau Super 750.  

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Ajang ini digelar di Arena Porte de La Chapelle, Perancis, pada 5-10 Maret dan Indonesia dipastikan mengirim 13 wakil. Satu di antaranya adalah sang juara bertahan nomor tunggal putra Jonatan Christie.

Jojo berhasil menjadi juara French Open 2023 usai menaklukkan wakil China Li Shi Feng dalam duel ketat.  Bertanding di Glaz Arena, Jonatan sempat menelan kekalahan 16-21 di gim pertama. 

Jadwal dan Siaran Langsung Tim Bulutangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2024

Namun, Jonatan berhasil bangkit dan meraup dua gim tersisa dengan skor 21-15 21-14. Dia pun menjadi penyelamat wajah Indonesia di French Open.

Hasil pada French Open 2023 bisa dibilang menjadi kebangkitan Jojo pada ajang ini. Pasalnya, pada edisi sebelumnya atau pada French Open 2022, Jojo mengalami nasib yang menyayat hati.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Dia tersingkir di babak perempatfinal usai dikalahkan oleh tunggal putra Jepang, Kodai Naraoka. Jojo terhenti karena cedera, dia bahkan tidak sanggup berjalan sampai dibantu dengan kursi roda dan sempat terjatuh. 

Jojo menghadapi Kodai di babak perempatfinal pada Sabtu dini hari WIB 29 Oktober 2022. Duel yang digelar di Stade Pierre de Coubertin, Paris ini berlangsung selama 1 jam 18 menit. Jojo awalnya mampu menang cukup mudah 21-14, kemudian konsentrasinya menurun di gim kedua dan kalah dengan 14-21. 

Di gim penentuan Jojo sempat tancap gas 5-1 tapi Kodai bangkit. Dia mengejar dan berbalik unggul. Jojo terhenti karena tak nyaman dengan engkelnya. Setelah mendapatkan perawatan, dia kembali melanjutkan laga. Namun, Kodai mampu memimpin 11-9 di interval.

Pertandingan kembali berjalan sengit. Jojo terus memberikan perlawanan. Namun, akhirnya Jojo harus berhenti lagi saat ketinggalan 13-17 karena cedera.

Jojo harus menggunakan kursi roda untuk meninggalkan lapangan. Hanya saja, insiden tak mengenakkan dialami Jojo. Saat ditarik menggunakan kursi roda, Jojo terjengkang karena petugas yang menarik kursi roda itu tersandung. Beruntung Jojo baik-baik saja.
 

Lantas, mampukah Jojo mengulang momen indah French Open 2023 pada tahun ini? Dia babak pertama, dia akan menghadapi Wang tzu Wei. Namun, jalan terjal harus dilalui Jojo karena jika lolos dia kemungkinan besar akan menghadapi raja bulutangkis dunia, Viktor Axelsen.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya