Kaleidoskop 2020: Video Syur Mirip Gisel, Jatah Sarden Bansos

Gisel Anastasia di Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Media sosial menjadi pusat informasi yang besar di era sekarang ini. Di tahun 2020 khususnya, banyak informasi yang disampaikan melalui beberapa platform media sosial hingga menjadikannya viral dan dibicarakan oleh masyarakat luas.

Viral Video Ojol Gerebek Bengkel Tambal Ban Penyebar Ranjau Paku di MT Haryono

Bahkan pemerintah menangani serius masalah yang viral jika berbenturan dengan hukum yang berlaku atau melanggar SARA. Sejumlah berita viral yang menarik perhatian pembaca, mulai dari munculnya kerajaan baru di Indonesia hingga raja dan ratunya di penjara sampai kasus kerumuman yang melibatkan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab. 

VIVA merangkum 10 berita terviral sepanjang tahun 2020, di antaranya:

Viral Pasangan Mesra-mesraan di Mobil Sewaan Kena Tilang Elektronik, Rental Mobil Merugi

1. Kerajaan Abal-Abal: Keraton Agung Sejagad hingga Sunda Empire  

2020 menjadi tahun munculnya kerajaan atau keraton abal-abal. Diawali dengan Keraton Agung Sejagat (KAS) yang dipimpin Raja dan Ratu palsunya, Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Dokter Dipergoki Suami Selingkuh di Dalam Mobil, Singgung Anak Wakil Bupati

Toto sebagai raja KAS pernah mengatakan pada salah satu pengikutnya bahwa dengan membayar sejumlah uang, dirinya bisa mendapatkan gelar punggawa keraton berbintang tiga di istana. Ia juga diiming-imingi bakal mendapatkan gaji dalam nominal besar dan dalam bentuk mata uang dollar Amerika Serikat.

Terungkapnya Keraton Agung Sejagat seolah menjadi pemicu. Satu persatu kerajaan baru muncul ke publik. Salah satunya adalah Sunda Empire, yang didirikan oleh Rangga Sasana. Mirip Keraton Agung Sejagat, Sunda Empire juga mengklaim menguasai dunia.

 

2. Netizen Gaungkan #indonesiatererah Karena Penanganan COVID-19

Media sosial pun ramai dengan kata Indonesia Terserah akibat kebijakan penanganan COVID-19 yang tak jelas pada Mei 2020. Satu foto yang ramai diunggah oleh beberapa orang termasuk influencer adalah seorang dokter yang menggunakan Alat Pelindung Diri lengkap dan memegang kertas bertuliskan 'INDONESIA??? TERSERAH!!! Suka-Suka Kalian Saja'.

Bahkan Indonesia Terserah sempat menjadi trending topik di twitter dengan #Indonesiaterserah. Mereka menganggap apa yang dilakukan sebagian orang dengan berdiam diri di rumah merupakan hal yang sia-sia sebab keramaian masih saja terus terjadi di berbagai tempat. 

 

3. Kisah Predator Sex Fetish Kain Jarik Gemparkan Jagat Media Sosial

Kisah tentang dugaan seseorang dengan orientasi seksual menyimpang, yang disebut sex fetish, menggemparkan jagat media sosial Twitter. Fetisisme (fetishism) ialah sebuah hasrat seksual terhadap suatu bagian tubuh atau benda, dan penderitanya akan terangsang jika melihat, mendengar, merasa, atau berkhayal dengan benda atau bagian tubuh tertentu.

Kehebohan itu berawal dari unggahan seorang pria di Twitter bernama Mufis dengan akun @m_fikris pada 29 Juli 2020. Dia memulai serangkaian twit-nya dengan kalimat "Predator 'Fetish Kain Jarik' Berkedok Riset Akademik dari Mahasiswa PTN di SBY - A Thread."

Mufis mengklaim cerita yang dia sampaikan merupakan pengalaman pribadinya yang diawali dari adanya pesan di Instagram dari seorang lelaki bernama Gilang. Lelaki itu mengaku mahasiswa Universitas Airlangga, Surabaya, angkatan tahun 2015.

 

4. Nyinyiran ala Bu Tejo di Film Tilik

Bu Tejo, yang diperankan Siti Fauziah Saekhoni mendadak jadi trending topic di Twitter, gara-gara sebuah film pendek, berjudul Tilik. Film garapan Ravacana Films bersama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu sebenarnya sudah diproduksi sejak 2018, silam.

Namun, film Tilik baru diunggah ke YouTube dan tayang perdana pada Senin, 17 Agustus 2020, bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-75. Tilik mengisahkan tentang perjalanan rombongan ibu-ibu yang pergi dengan menaiki sebuah truk untuk menjenguk Bu Lurah. Selama perjalanan, para ibu-ibu itu menggosipkan sosok Dian yang merupakan kembang desa.

Sosok Bu Tejo dalam film pendek berdurasi sekitar 32 menit itu ramai diperbincangkan warganet, lantaran mampu menggambarkan sosok ibu-ibu yang ada dalam kehidupan nyata. Bu Tejo memiliki karakter sebagai 'kompor' gosip dan tukang nyinyir di antara para ibu-ibu.

5. Produk-Produk Prancis Diboikot Negara-Negara Muslim Gara-gara Macron

Prancis meminta negara-negara di Timur Tengah agar mengakhiri seruan boikot produk-produknya sebagai bentuk protes terhadap pembelaan Presiden Emmanuel Macron atas hak untuk menunjukkan kartun Nabi Muhammad.

Produk Prancis telah ditarik dari beberapa toko di Kuwait, Yordania, dan Qatar. Sementara itu, aksi protes terjadi di Libya, Suriah, dan Jalur Gaza. Reaksi negatif tersebut berasal dari komentar Macron setelah pembunuhan seorang guru Prancis yang mempertunjukkan kartun Nabi Muhammad di kelas. Sang presiden berkata guru itu, Samuel Paty, "dibunuh karena para Islamis menginginkan masa depan kami", tetapi Prancis "tidak akan menyerahkan kartun kami".

Di Indonesia, juga viral sebuah surat dari Kepala Desa Panaguan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur yang mengajak masyarakat desa untuk memboikot produk-produk dari Prancis. Aksi boikot ini bentuk kekecewaan dari pernyataan kontroversial Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat Islam sedunia.

6. Habib Rizieq Pulang, Harun Masiku Jadi Trending Twitter

Di tengah ramainya pemberitaan tentang kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, pengguna media sosial Twitter malah ramai membicarakan Harun Masiku. Sampai-sampai nama Harun Masiku bercokol sebagai trending topic pada Kamis, 12 November 2020. 

Harun Masiku adalah orang yang diduga terlibat kasus suap pengurusan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI dari PDIP periode 2019-2024, terhadap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. 

Harun disangka sebagai pemberi suap Wahyu seolah hilang ditelan bumi sejak lolos dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK, pada 8 Januari 2020. Namun, KPK yang dibantu aparat Kepolisian seluruh Indonesia belum juga berhasil menemukan dan membekuk Harun sampai detik ini.

7. Edhy Prabowo Dicokok KPK Korupsi Benih Lobster, Bu Susi Jadi Trending

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu dini hari, 25 November 2020. Edhy diamankan karena diduga terkait kasus korupsi suap izin ekspor benih lobster. Kasus ini juga tidak luput dari pembicaraan para warganet di media sosial seperti Twitter. 

Para warganet juga menyebut-nyebut nama Menteri Kelautan dan Perikanan sebelum Edhy, Susi Pudjiastuti. Kata 'Bu Susi' menjadi trending di Twitter Rabu pagi 25 November 2020. Hingga pukul 09.05 jumlah cuitan sudah melebihi 3.100 kicauan.

8. Korupsi Bansos Mensos Juliari, Warga Pertanyakan Jatah Sarden dari 9 Jadi 2 di IG

Menteri Sosial Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk wilayah Jabodetabek, saat penanganan COVID-19 tahun 2020 senilai Rp17 miliar. Juliari sudah menyerahkan diri dan kini ditahan di rumah tahanan KPK.

Penetapan tersangka ini membuat kaget semua pihak. Apalagi warga terdampak corona yang belum mendapatkan bantuan sosial pemerintah. Mereka malah menyerang Juliari dan anak buahnya di akun media sosial resmi Kementerian Sosial  @kemsosri.

Dikutip VIVA, Senin, 7 Desember 2020, akun Instagram Kementerian Sosial dibanjiri protes warga yang kecewa terhadap sikap Juliari karena diduga korupsi bantuan yang sangat dibutuhkan warga. Banyak komentar yang pedas kepada Juliari, di antaranya: @sinar_tenda: Pantes isinya dikurangi, sarden 9 jadi 2 dan @luqman_diaz: Ternyata bapak yang ganti Indomie jadi mie Sakura

9. Viral Video Syur Mirip Gisel

Jejaring media sosial dihebohkan dengan adanya video mesum mirip artis papan atas yang diduga Gisella Anastasya. Video itu, membuat nama mantan istri dari Gading Marten tersebut menghiasi laman jejaring media sosial Twitter. Bahkan, menjadi trending nomor wahid pada November 2020.

Kasus serupa juga pernah menyandung Gisel pada 2019. Namun kali ini, dalam video tersebut seorang wanita mirip Gisel terlihat sedang melakukan hubungan seksual dengan pria berewokan di sebuah ruangan.

Sang wanita mengenakan kimono berwarna kehijauan yang terbuka dan bagian depan tubuhnya terlihat jelas. Ia berada di atas sang pria yang tampak sedang berbaring telanjang. Si wanita juga sempat mendekatkan wajahnya sambil melihat ke arah kamera.

10. UU Cipta Kerja Salah Ketik, Pasal 5 Trending di Twitter

Baru saja ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja sudah kembali menuai kritik. Sebab, terjadi salah ketik pada pasal 6 yang dinilai cukup fatal.

Pengetikan pasal 5 ayat (1) yang jadi rujukan pasal 6 tak dapat ditemukan. Alhasil ini jadi perbincangan di dunia maya, khususnya Twitter. Topik terkait pasal 5 menanjak jadi trending topic dengan jumlah tweet sebanyak 4.939 hingga November 2020. Warganet pun bingung, bagian mana yang jadi rujukan dari pasal 6 tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya