Viral Bocah Curi Uang Kotak Amal Musala di Depok, Ketua RT: Sudah Empat Kali Terjadi di Sini

Bocah mencuri uang kotak amal Musholla Darussakinah, Sawangan, Depok
Sumber :
  • Tangkapan layar media sosial

Depok - Pencurian uang kotak amal di Musala Darussakinah, RT 3 / RW 1, Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok diketahui sudah empat kali terjadi. Namun yang terekam kameraa CCTV baru dua kali. Dan pelakunya adalah anak-anak.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Ketua RT setempat Karma B Suhandi mengatakan, musala sudah empat kali dicuri uang kotak amalnya. Namun dua peristiwa sebelumnya tidak diketahui karena belum pasang CCTV.

“Sudah empat kali terjadi. Setelah dipasang CCTV baru diketahui kalau pelakunya adalah anak-anak. Yang sebelumnya kan belum dipasang CCTV, itu setelah dipasang kerekam pelakunya anak-anak, CCTV-nya juga hanya ada di dalam, beda pelaku, cuma ketahuan uangnya hilang saja,” katanya, Minggu (16/7/2023).

Bocah 7 Tahun di Makassar Mesum di Kuburan, Mengaku Karena Sering Nonton Film Porno

Pencurian terakhir terjadi pekan ini. Pelakunya dua kali datang di hari yang berbeda. Pertama, pelaku mengambil uang nomimal besar. Selang dua hari berikutnya pelaku datang lagi dan mengambil uang nomimal kecil.

Bocah mencuri uang kotak amal Musholla Darussakinah, Sawangan, Depok

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial
Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

“Kejadian pencurian uang kotak amal Senin (10/7) dan Rabu (12/7). Dua hari berturut-turut, hari Senin itu diambil yang gede-gede dulu, yang keduanya ambil yang recehan. Yang diambil uang kotak amal aja,” ujarnya.

Uang itu hasil sedekah jemaah selama dua pekan. Jumlahnya diperkirakan Rp700.000. pencurian itu terjadi pagi hari dan tidak ada orang di musala. Lingkungan sekitar juga sepi karena wilayah itu belum banyak yang menghuni.

“Jam segitu paling cuma 1 atau 2 orang aja yang lewat, baru ada aktivitas lagi ya dzuhur, kalau pagi ya sepi di sana,” ujarnya.

Karma mengatakan, dua bocah yang mencuri kotak amal itu bukan warganya. Informasi yang diterima, keduanya masih berkeliaran di sekitar lingkungan RW 01 Kelurahan Pasir Putih.

“Infonya masih sliweran, ada yang bilang begitu, info dari bocah namanya juga. Dia kenal katanya di sana, terus bilang ada yang kenal di sebelah sana, makanya masih saya selidiki,” katanya.

Karma mengaku belum melaporkan peristiwa ini ke polisi. Dia masih akan menyelidiki sendiri pencurian tersebut. Kemarin, polisi sudah datang ke lokasi untuk mencari informasi.

“Kan kita bisa panggil orang tuanya, apakah ini murni kenakalan anak-anak, atau orang tua yang menyuruh. Kalau sampai orang tua yang menyuruh kan ada indikasi sindikat takutnya ke mussala lain. Tapi, tadi dari Polsek Bojongsari sudah sampai ke sana,” akunya.

Sementara itu, Kapolsek Bojongsari Kompol Yogi mengatakan, pihaknya masih menyelidiki pencurian tersebut. Pihaknya juga mendalami CCTV musala. Penuturan warga, pelaku bukan warga sekitar.

“Kami masih lidik dan cek CCTV. Pelaku dalam lidik dan saksi bilang bukan warga sekitar,” katanya.

Dia mengimbau agar orang tua mengawasi anaknya dengan baik. Dia juga meminta pengawasan lingkungan dilakukan intensif untuk menghindari kejadian serupa.

“Kami menghimbau agar warga menjaga lingkungan siskamling. Partisipasif warga penting dan sekaligus parenting pada anak anak usia muda,” pungkasnya.

Sebelumnya, viral dua orang bocah cilik alias bocil mencuri kotak amal di Musala Darussakinah, RT  3 RW 1, Kelurahan Pasir Putih, Sawangan. Dari rekaman terlihat, dua bocah laki-laki masuk ke musala. Satu bocah yang agak besar langsung menuju kotak amal. Bocah itu mengeluarkan tas dari kantong celananya dan mencari cara untuk mengeluarkan uang dalam kotak.

Bocah itu kemudian merobohkan kotak amal dan pergi mencari sapu untuk mencongkel. Setelah berhasil dibuka bagian atas kotak, bocah itu langsung menumpahkan uang yang ada dalam kotak amal. Uang itu dimasukkan dalam wadah yang sudah dibawanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya