Sheikh Assim Al-Hakeem Tegur Jemaah Baca Al-Fatihah Saat Pengajian: Pernahkah Disebutkan pada Hadis?

Sheikh Assim Al-Hakeem
Sumber :
  • YouTube Dondy Tan

VIVA – Ulama Saudi Arabia, Sheikh Assim Al-Hakeem kembali menjadi perbincangan publik setelah hadir di pengajian di Malang beberapa waktu lalu.

Camat Bojonggede Bantah Pidanakan Konten Kreator yang Viralkan Gibran Kelaparan

Pasalnya, beliau menegur jamaah lantaran membaca Al-Fatihah dalam acara pengajian tersebut. Kata beliau, bacaan Al-Fatihah hanya dibaca saat sholat saja. Benarkah? Berikut informasi selengkapnya.

Tegur jamaah yang baca surat Al-Fatihah saat pengajian

Ibunya Kabur, Begini Nasib Gibran Bocah yang Viral Nangis Kelaparan di Bogor

Ulama Sheikh Assim Al-Hakeem

Photo :
  • YouTube Berjihad TV

Belum lama ini ulama Sheikh Assim Al-Hakeem hadir mengisi pengajian di Masjid Abdullah, Malang. Beliau menjadi sorotan ketika menegur jamaah yang membaca surat Al-Fatihah sebelum memulai pengajiannya.

Kemenhub Bebastugaskan Pejabat yang Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Sebelum saya memulai berbicara, saya tidak mengerti Bahasa Indonesia sama sekali. Tapi tadi saya mendengar kalian membaca Al-Fatihah lalu membaca surah lainnya,” kata Sheikh Assim Al-Hakeem, dikutip dari tayangan YouTube Dondy Tan Selasa, 1 Agustus 2023.

Kata beliau, Al-Fatihah tidak dibacakan di luar shalat. Beliau pun menanyakan kenapa Jemaah membaca Al-Fatihah sebelum memulai acara pengajian tersebut. Sheikh Assin pun menegurnya karena tidak ingin kelak akan ditanya oleh Allah jika tidak diingatkan.

Saya tidak ingin kelak di hari kiamat Allah bertanya kepadaku kenapa mereka berbuat bid’ah, tapi kamu tidak memperingatkannya,” tegas Sheikh Assim.

Baca Al-Fatihah bukan sunnah diluar shalat

Ulama Sheikh Assim Al-Hakeem

Photo :
  • YouTube Berjihad TV

Menurut Sheikh Assim Al-Hakeem, tak ada tuntunan dari nabi untuk membaca Al-Fatihah di luar shalat, seperti saat kajian tersebut.

Pernahkah disebutkan pada kitab hadis Nabi bahwa Nabi Muhammad membaca Al-Fatihah dalam keadaan seperti ini? Tidak pernah. Apakah kamu lebih pandai daripada beliau? Tentu tidak, saya juga tidak,” pungkasnya.

Jadi, hal itu bukanlah Sunnah,” imbuhnya.

Beliau menegaskan jika Al-Fatihah hanya dibaca saat shalat dan ruqyah atau di saat mengobati penyakit saja. Juga, itu bukan dari ajaran islam.

Perkara ini bukan dari ajaran islam. Al-Fatihah itu dibaca ketika shalat, surat paling Agung. Al Fatihah itu dibaca ketika ruqyah. Tidak dibaca dalam pertemuan ini,” tandasnya.

Berita ini pun menyebar luas secara cepat. Ustaz Abdul Somad pun juga memberikan komentar soal perkara ini. Kata dia, membaca surah Al-Fatihah bisa dalam keadaan apa saja, termasuk saat pengajian. Dengan membaca surah Al-Fatihah ini diharapkan dapat membawakan keberkahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya