Viral Video Orang Utan Berjalan di Proyek Kutai Timur, Tampak Badannya Kurus Kering

Orang Utan Kurus di Kutai Timur
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Kalimantan Timur – Baru-baru ini beredar sebuah video yang memperlihatkan orang utan di Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur dengan badan kurus kering dan seperti tengah kelaparan. Video yang memperlihatkan orang utan tersebut dibagikan ulang oleh akun Instagram @terang_media. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Dari dalam video tampak dua ekor orang utan yang sedang berjalan di kawasan Kutai Timur, Kalimantan Timur. Mirisnya, orang utan yang tampak tidak seperti biasanya karena memiliki badan yang sangat kurus sehingga tampak tinggal tulang-tulangnya saja. 

Menurut informasi yang beredar, orang utan tersebut diduga kekurangan gizi sehingga sangat kurus. Karena tidak cukup makanan yang tersedia di hutan, akhirnya orang utan tersebut tampak turun ke jalan bersama anaknya untuk mencari makanan. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Orang Utan Kurus di Kutai Timur

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Bahkan, tulang-tulang yang ada di dalam tubuh orang utan tersebut tampak jelas. Mereka tampak lemas dan berhati-hati saat melewati area proyek tersebut. Diduga, orang utan itu terdampak pembangunan yang ada di tempat asalnya sehingga turun ke jalan. 

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Namun, belum dapat dipastikan apakah proyek apa yang sedang dibangun sehingga berdampak pada habitat orang utan tersebut. Dalam video tersebut tampak jalan besar yang masih bertanah dan dipakai sebagai jalan utama. 

"Ikutan sedih melihatnya," tulis terang_media seperti dilansir pada Kamis, 21 September 2023. 

Kasus orang utan berkeliaran di lingkungan masyarakat itu memang sering terjadi. Dalam beberapa waktu belakangan, sudah ada tiga penampakan orang utan yang mencari makanan di wilayah Kutai Timur, Kalimantan Timur. 

Orang utan di Tanjung Puting

Photo :
  • /theculturetrip.com

Sontak saja warganet yang melihat video tersebut sangat miris mengingat orang utan adalah salah satu hewan yang dilindungi menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. 

“Video Manusia Menderita pun para pemimpin kita skrg banyak yg biasa aja melihatnya...gk simpati...apalagi hanya Video penderitaan Binatang…” tulis seorang warganet. 

“Apa yang bisa kita lakukan ya? duh ga kuat liatnya. Apa ga bisa dibawa ke penangkaran buat dikasi makan dulu? Atau gimana,” timpal yang lain. 

“Kasian dia..lebih melilih kelaparan di habitatnya yg sudah hancur krna dia tw klw masuk ke pemukiman warga di salhkan bisa ditembak…” ungkap warganet.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya