Mukbang Makan Tusuk Gigi Viral di Korea Selatan, Kemenkes Peringatkan Bahaya yang Mengintai

Tren mukbang tusuk gigi di Korea Selatan
Sumber :
  • Independent UK

VIVA Trending – Pejabat kesehatan Korea Selatan memperingatkan masyarakatnya untuk tidak makan tusuk gigi goreng setelah video yang viral di media sosial menjadikan tren ini populer.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Tusuk gigi yang dimaksud bukanlah tusuk gigi kayu biasa yang digunakan di beberapa negara di dunia. Tusuk gigi di Korea Selatan terbuat dari pati. Saat digoreng, bentuknya menggembung dan lebih mirip kentang goreng keriting hijau daripada tusuk gigi.

Hidangan yang tak biasa ini menjadi populer setelah video para influencer menggoreng stik hijau menjadi viral. Para TikToker akan menggoreng tusuk gigi, melihatnya berubah menjadi isapan, lalu menaburkan bumbu, seperti keju bubuk, ke tusuk gigi tersebut sebelum memakannya.

Media Asing Sorot Aksi Joget Ernando Ari di Depan Pemain Korea Selatan: Mengejek

Menurut Kementerian Keamanan Pangan dan Obat Korea, tusuk gigi ini ramah lingkungan dan dapat terurai secara hayati. Makanan ini terbuat dari tepung jagung atau ubi jalar dan pewarna makanan hijau, namun tidak jelas apakah makanan tersebut benar-benar aman untuk dikonsumsi, melansir The Independent, Rabu, 31 Januari 2024.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

““Tusuk gigi dari tepung kanji bukanlah produk yang dapat dimakan. Keamanannya sebagai makanan belum diverifikasi,” kata Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan dalam sebuah postingan pada hari Rabu di platform media sosial X (sebelumnya Twitter). “Tolong jangan makan (mereka).”

Tusuk gigi yang biasa digunakan di restoran Korea terbuat dari ubi jalar atau tepung jagung untuk mengambil makanan kecil. Media Korea telah memperingatkan konsumen tusuk gigi tentang bahan yang disebut soribitol, karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan muntah dan diare.

Tren mukbang tusuk gigi di Korea Selatan

Photo :
  • Independent UK

Acara makan online, yang disebut “Mukbang”, yang sering menampilkan orang-orang makan makanan dalam jumlah berlebihan atau hidangan yang tidak biasa, sangat populer di Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan mencoba untuk mengakhiri konten “Mukbang” karena khawatir konten tersebut akan mendorong makan berlebihan dan membahayakan kesehatan masyarakat.

@Jang.Guem.Mukbang adalah TikToker mukbang yang memposting video dirinya menggoreng dan memakan tusuk gigi yang telah dihapus dari halamannya. Dia memposting video dirinya memakan segala jenis makanan, mulai dari buah-buahan yang dicelupkan ke dalam saus manis hingga Takis biru, keripik Meksiko pedas, yang dia celupkan ke dalam berbagai saus, hingga pupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya