Viral Jemaah Masjid Aolia Jogja Gelar Sholat Tarawih Malam Kemarin, Hari Ini Mulai Puasa

Jemaah Masjid Aolia Gunungkidul Jogja
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Yogyakarta – Berbeda dari mayoritas ajaran agama Islam yang lain, jamaah di Masjid Aolia di Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta telah melaksanakan sholat tarawih pada Rabu, 6 Maret 2024 malam kemarin. Dengan begitu, 1 Ramadhan akan dimulai pada hari ini, Kamis, 7 Maret 2024. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Pemilihan dan penetapan tanggal 1 Ramadhan ini bukan tanpa alasan, sebab mereka memiliki perhitungan kalender tersendiri yang menetapkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari ini. Kabar ini dilaporkan oleh pemilik akun TikTok @sekilas_gunungkidul pada Kamis kemarin. 

Sementara pengasuh jamaah Aolia, Raden Ibnu Hajar Sholeh mengimbau untuk selalu menghormati adanya perbedaan dan mementingkan kerukunan antar umat beragama. Sekilas tidak ada yang berbeda dari suasana di Masjid Aolia yang berada di Kecamatan Panggang itu. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Jemaah Masjid Aolia Gunungkidul Jogja

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Namun, jika dicermati lebih mendalam, ternyata ada jemaah masjid yang tengah melaksanakan sholat tarawih bersama-sama. Hal ini berbeda dengan penetapan pemerintah maupun organisasi Islam di Indonesia seperti Muhammadiyah, NU, Persis, dan lain sebagainya yang belum menetapkan awal bulan Ramadhan 1445 Hijriyah. 

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Ribuan jamaah Masjid Aolia yang tersebar di sejumlah wilayah di Gunungkidul ini sudah menjalankan ibadah sholat tarawih perdana malam kemarin. Mereka melaksanakan ibadah sholat tarawih seperti pada umumnya sekitar pukul 19.45 WIB. 

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • pixabay

Ibadah sholat tersebut dilaksanakan para jemaah dengan khusyuk dan penuh kekhidmatan. Penetapan ini berdasarkan perhitungan tanggal yang mereka miliki untuk menetapkan hari pertama tarawih dan menetapkan awal bulan Ramadhan yang lebih cepat. 

Menurut Raden Ibnu Hajar Sholeh, keputusan perayaan awal puasa ini berdasarkan perhitungan kalender mereka dan berdasarkan perjalanan spiritual pimpinan jamaah mereka. 

Mereka mengatakan bahwa awal Ramadhan memang jatuh lebih awal sehingga malam kemarin telah dilaksanakan sholat tarawih dan hari ini adalah puasa pertama. Sholat tarawih sendiri dilaksanakan sebanyak 23 rakaat lengkap dengan sholat witir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya