Merinding! Detik-detik Bayangan Pocong Muncul saat Pengendara Motor Lintasi PLTU Paiton, Probolinggo

Pocong
Sumber :
  • Instagram

Probolinggo -Baru-baru ini media sosial kembali dibuat geger oleh sebuah tayangan video. Bagaimana tidak, salah satu unggahan milik pengguna dunia jagat maya mengaku dirinya baru saja diboncengi pocong yang ikut bersamanya saat tengah mengendarai motor  di Kabupaten Probolinggo.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Diketahui dari unggahan video yang dibagikan ulang oleh akun Instagram @infoprobolinggo pada Selasa, 19 Maret 2024 ini memperlihatkan sebuah tayangan video berdurasi singkat tepatnya 29 detik. Video yang dibagikan pertama kali oleh akun TikTok @nukleus9 ini memperlihatkan pemandangan yang bikin bulu kudung merinding.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Bagaimana tidak, dalam video yang viral tersebut terekam seorang pengendara motor tengah melintasi PLTU Paiton di Probolinggo saat malam hari. Awalnya tidak ada yang salah dalam video tersebut, namun setelah beberapa detik dalam video tersebut terekam sosok makhluk astral yaitu Pocong tengah duduk di belakang si pengendara motor.

Apakah MK Tolak Gugatan Syarat Usia SIM seperti Tolak Masa Berlaku SIM Seumur Hidup?

Bayangan berbentuk Pocong terlihat dari spion motornya di bagian belakang si pengendara motor. Menurut keterangan pemilik video, dirinya merasa bahwa ada makhluk astral berupa pocong yang mengikutinya saat tengah melintas di Jalan Raya Paiton, Kabupaten Probolinggo atau tepatnya di PLTU Paiton.

Bahkan, pengendara motor tersebut mengabadikan momen mengerikannya tersebut dengan menggunakan kamera handphone tanpa disengaja ketika melintas di PLTU Paiton Probolinggo. 

Lokasi diketahui karena melihat adanya banyak lampu yang menghiasi area Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Tidak hanya itu, dalam video tersebut sang pemilik video juga terlihat mengambil video lokasi PLTU Paiton serta menunjukkan GPS di motornya.

"Hi poci , thx sudah nemenin aku,"tulis keterangan video dikutip VIVA.co.id pada Selasa, 19 Maret 2024.

Cerita Mistis di Balik PLTU Paiton

Menurut keterangan tokoh masyarakat setempat,  di sisi barat PLTU Paiton terdapat pemakaman yang konon dulu ditempati oleh anggota PKI yang tak terhitung jumlahnya. Mereka menjadi korban pembunuhan dan dikebumikan di lokasi tersebut.

"Tak jauh dari situ, terdapat sebuah batu keramat bernama batu lawang. Konon, batu itu adalah tempat istirahat Damar Wulan setelah menaklukkan Minak Jingga. Cerita itu menjadi bagian dari sejarah dusun ini, yang pada masa itu dikenal dengan nama Binor, yang artinya 'terang'," papar Suyono dikutip VIVA.co.id dari salah satu sumber pada Selasa, 19 Maret 2024.

Bukanlah hal yang aneh jika selama proses pembangunan PLTU Paiton, para pekerja konstruksi sering diganggu oleh kejadian-kejadian mistis. Bahkan, hingga saat ini tak sedikit pengendara yang melintas kerap dibuat terganggu oleh berbagai hal-hal aneh.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video akun Instagram yang memperlihatkan penampakan makhluk gaib ini pun sukses menyita perhatian warganet di media sosial.

"Assalamualaikum, saya kerja di sini hampir 10 tahun, dan kerja sistem shift, alhamdulillah tiap masuk shift malam selama ini tdk ada kejadian2 mistis yg kerap di bicarakan orang karena di kawasan PLTU ada ini lah itu lah," tulis warganet.

"Pernah perjalanan dari Bali balik ke Jawa naik bis malam. Di hutan sebelum paiton itu kondisi tengah malam saya tidur. Tempat duduk saya di pojok depan dekat jendela belakang kernet. Tiba² saya melihat bis melaju dan ada 2 orang berdiri di tengah² lorong. Dua orang laki² itu tersenyum dan mereka mengajak saya menggunakan bahasa batin karena mulut mereka seperti diam tidak mengucapkan sepatah kata pun," terang lainnya.

"Punya pengalaman aneh pas lewat sini, kejadian 3 tahun lalu. Gw pakai bus dari gresik mo k bali, dari rumah udah niat mau liat PLTU paiton cz kata sepupuku lampunya cantik. Belom lama masuk bus, gw ketiduran. Tapi pas lewat depan paiton tiba² ada suara cewe bisikin telinga kanan gw 'HEI BANGUN.. KATANYA MAU LIAT GUE' nada bicaranya halus, masih terniang sampe sekarang," seru lainnya.

"POV poci ketika abis liat keindahan lampu² PLTU lalu ngomong ke netizen yg boncengin dia: MENYALA ABANGKUUHH," terang lainnya.

"Bbrp bulan setelah kejadian besar di sana (2003).. kaca mobil tiba2 buka tutup sendiri... dan kejadian pas setelah maghrib. Dan semobil bau wangi banget. Kejadian yg bner2 tdk bsa dilupakan," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya