Ligue 1 Ikuti Jejak Bundesliga dan LaLiga Gunakan VAR

Logo Ligue 1
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Setelah Bundesliga dan LaLiga yang menggunakan sistem Video Assistant Referees (VAR), kini giliran Ligue 1 Prancis yang akan ikut menggunakan teknologi ini. Rencananya, VAR akan mulai dipergunakan musim depan.

Liga Prancis Tak Izinkan Pemain Buka Puasa saat Pertandingan

Sebenarnya, musim depan bukan kali pertama VAR digunakan di Liga Prancis. Sebelumnya, teknologi ini sudah pernah digunakan pada akhir musim lalu di laga play off tim kasta kedua yang akan promosi ke Ligue 1.

Namun, seiring perkembangan teknologi di sepakbola, LFP akhirnya menetapkan jika mulai musim 2018/2019, VAR akan digunakan di Ligue 1. Mereka ingin agar wasit bisa bekerja lebih optimal dalam mengambil keputusan.

Prediksi Pertandingan Ligue 1: AS Monaco vs PSG

"Dewan LFP telah memvalidasi pada Kamis 14 Desember 2017 jika VAR akan digunakan di Ligue 1 pada musim 2018/2019. Penggunaan teknologi ini sudah diinginkan setiap orang yang terlibat di permainan ini," ujar pernyataan LFP dikutip Soccerway.

Penggunaan teknologi ini memang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan wasit. Terutama meminimalisir kesalahan dalam mengambil keputusan.

Senangnya Mendengar Kylian Mbappe Pergi dari PSG

Tapi, nyatanya tak semua pihak menyetujui penggunaan teknologi ini. Sebelumnya, secara terang-terangan, Zinedine Zidane, Luka Modric, dan Gareth Bale menyatakan ketidaksukaannya pada VAR karena bisa menghilangkan bumbu-bumbu kontroversi yang membuat sepakbola menjadi semakin menarik.

Mahamadou Diawara

Profil Mahamadou Diawara, Pemain yang Dicoret dari Timnas Prancis Gegara Dilarang Puasa

Mahamadou Diawara dicoret dari Timnas Prancis U-19 setelah Federasi Sepakbola Prancis (FFF) melarang pemain muslim berpuasa saat latihan.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024