M Ridwan, 'Marquee Player' Milik PSIS Semarang

Aksi pemain PSIS Semarang di laga Liga 2
Sumber :
  • https://twitter.com/Liga2Match/

VIVA.co.id – Istilah marquee player memang ada di Liga 1. Namun, ada beberapa pemain yang layak disebut sebagai marquee player di Liga 2, karena pengalamannya yang terhitung tinggi.

Polemik Masa Lalu, Kiper Timnas Indonesia Minta Maaf ke Shin Tae-yong

Karena 61 tim kontestan Liga 2 dilarang menggunakan pemain asing, ada beberapa nama yang berkategori bintang dan bisa disebut "marquee player". Salah satunya adalah Muhammad Ridwan yang membela PSIS Semarang.  
 
“Kehadiran mereka (para pemain bintang) punya nilai tersendiri. Mereka tak ubahnya marquee player yang memagnet penonton laga-laga Liga 2 2017. Secara teknis, mereka juga bisa membimbing para pemain muda. Jam terbang dan kematangan mereka jelas membantu tim,” ungkap Wahyu Winarto, Manajer PSIS.
 
Ridwan merupakan pemain yang sarat pengalaman. Pemain 36 tahun ini pernah membela klub-klub top macam Persib Bandung, Sriwijaya FC dan Pelita Jaya.  
 
Buat PSIS, Ridwan bukanlah nama baru. Itu karena ia dibesarkan PSIS. Bermain kembali buat PSIS di Liga 2 2017, geliatnya langsung berdampak. Ia mencetak gol penentu kemenangan 1-0 PSIS atas Persipon Pontianak pada laga Grup 4 di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis 27 April 2017.
 
Berkat gol tunggal Ridwan di menit 84, PSIS mengamankan tiga poin buat memimpin klasemen Grup 4 Liga 2 2017. Ia membawa Laskar Mahesa Jenar meraih kemenangan kedua setelah pada laga perdana menghantam Persipur Purwodadi 2-1.
 
“Berapapun skornya, terpenting kami menang. Liga 2 2017 adalah kompetisi panjang dan kami harus terus menabung poin. Kami tak ingin menggantungkan nasib ke tim lain buat melaju ke fase 16 besar,” urai Setyo Agung Nugroho, Direktur Teknis PSIS.
 
Pada laga kontra Persipon, para pemain PSIS sempat kesulitan karena belum terbiasa main malam. Sorot lampu cukup mengganggu performa tim. Untung ada Ridwan. Jam terbang dan kematangannya jadi pembeda, bahkan golnya membuat PSIS kembali merebut tiga poin.
 
Statistik Laga
PSIS Semarang 1-0 Persipon Pontianak

Waktu: Kamis (27 April 2017)
Tempat: Stadion Jatidiri, Semarang
Babak I: 0-0
Babak II: 1-0
Pencetak gol PSIS Semarang: M Ridwan (84)
 
Susunan Pemain:
PSIS (4-4-2)
: Awan Setho -Safrudin Tahar, Tegar Pribadi, Rio Saputro, Taufik Hidayat, M Ridwan, M Yunus, Ahmad Agung, Juni Riyadi, Hari Nur, Johan Yoga
 
Persipon (4-2-3-1):
Daeng Lukman -Rifki Fauzi Adam, Agus Joganda, Andreas arundeng, Hafyaryanto; Thaufiq, Amirul Syafaat; Helis Daryanto, M Rian Firmansyah, Ronaldo Lolombulan, Hezron Benyamin

Laporan: Bramono

Malut United Promosi ke Liga 1, Tuah Rifal Lastori Berlanjut
Pemain PSIS Semarang, Lucao Moreira

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

PSIS Semarang sukses kantongi kemenangan 3-0 atas Persikabo 1973 dalam pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jateng, Jumat 26 April 2024 sore.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024