Sedang Butuh Uang? Diler Motor Bekas Terima Downgrade

Deretan motor sport bekas di kawasan Condet, Jakarta Timur.
Sumber :
  • FOTO: Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Diler jual beli motor bekas biasanya didatangi konsumen yang ingin memiliki kendaraan beroda dua, namun dengan dana yang sangat terbatas.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Namun, ada juga konsumen yang datang untuk melakukan tukar tambah motor mereka dengan motor bekas yang dijual oleh pedagang. Umumnya, cara ini dipilih oleh mereka yang ingin mengganti tunggangan dengan model lain yang usianya lebih muda.

Menurut pemilik diler jual-beli motor bekas Mulya Motor yang terletak di Jalan Condet Raya No 16, Jakarta Timur, Usman, jika pemilik motor ingin melakukan tukar tambah, syaratnya tidak banyak. Pertama, yang harus disiapkan yaitu sepeda motor beserta surat kendaraan. 

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

"Misalnya seperti STNK, BPKB dan KTP. Sepeda motor tentu harus dibawa saat tukar tambah. Pastikan juga harga jualnya dan motor yang akan dibeli," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat 10 Maret 2017. 

Usman menjelaskan, setelah surat-surat lengkap, diler akan menawar harga sepeda motor lama. Kata dia, mengenai harga yang ditawarkan oleh diler umumnya bersifat subjektif, tergantung dari kondisi mesin, bodi hingga status pajak kendaraan.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

"Semuanya akan jadi patokan ketika menukar motor bekas. Supaya, keduanya aman dalam bertransaksi," katanya. 

Lebih lanjut Usman menungkapkan, jika sudah ada kesepakatan antara dua belah pihak, proses tukar tambah tidak membutuhkan waktu lama. Konsumen bisa langsung membawa motor yang diinginkan saat itu juga.

Bahkan, jika konsumen menukarkan kendaraan yang berbeda jenisnya, seperti dari Yamaha Vixion ke Honda Beat, ia mengatakan hal itu bisa dilakukan, asalkan penjual dan pembeli sepakat soal harga.

"Jadi, semuanya bisa dilakukan di sini. Yang penting itu adalah suratnya komplet dan tidak ada masalah di motor lamanya," tuturnya. 

Sementara itu, pemilik diler Berkah Motor, Syarif menambahkan, konsumen bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu, motor seperti apa yang diinginkan. Konsumen juga bisa downgrade motor, jika mereka butuh uang tambahan.

"Pasti kami carikan motor terbaik yang diinginkan konsumen. Tak cuma tukar tambah, konsumen juga bisa menukar motor yang harganya lebih murah. Nanti kami yang tambah biayanya ke konsumen," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya