Antusiasme Tinggi Calon Peserta LISCA Aquathlon 2017

League of Inter School Collegiate Aquatics (LISCA) di UPH Karawaci
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anang Fajar Irawan

VIVA.co.id – Sabtu pagi, digelar acara League of Inter School Collegiate Aquatics (LISCA), atau liga akuatik antarsekolah dan pergurusn tinggi. Event ini dihelat di Univesitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Sabtu 20 Mei 2017.

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Bidang Pembinaan Prestasi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), yang dipimpin Wisnu Wardhana, mengatakan, event ini diadakan untuk memasyarakatkan olahraga, khususnya renang. Dan konsep Aquahthlon sendiri dipilih untuk memberikan kesempatan mereka yang tidak bisa berenang, untuk tetap bisa berpartisipasi.

"Event ini menggabungkan dua olahraga, yakni renang dan lari. Jadi mereka yang tidak bisa renang, tetap bisa ambil bagian. Diharapkan, nantinya mereka yang tidak bisa renang, ada kemauan untuk belajar renang," kata Wisnu, kepada VIVA.co.id.

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

Panitia membagi dua kelas besar di LISCA. Yakni individu dan beregu, dan mereka yang beregu adalah mereka yang mewakili sekolah masing-masing.

"Kami membuka kelas individu dan beregu dengan membawa nama sekolah. Kami berharap pihak sekolah juga lebih aktif membina olahraga. Karena olahraga jelas membuat siswa lebih aktif di semua aspek. Olahraha dan akademis harus berjalan seimbang, " tutur Wisnu

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

"Target peserta di event ini 150 peserta, tapi ternyata yang mendaftar ada 225 orang. Ini menunjukkan animo besar fan kami ingin meneruskan event ini di kota-kota lain seperti Yogyakarta dan Bali. Dan semoga akan bisa menarik banyak sponsor tentunya," ucapnya

LISCA bertujuan menjadi agen pencetus dan perubahan dengan cara merangkul institusi pendidikan untuk bersama mendukung para peserta didik untuk tetap bersekolah dan berolahraga, khususnya cabang akuatik. Dengan harapan bisa menumbuhkan disiplin diri, membangun kebiasaan hidup sehat, percaya diri, membuka peluang jalur prestasi dan bea siswa.

Sebab itu, LISCA, yang dibentuk oleh JAQUATICS bekerjasama UPH Sport Department, mengusung slogan: Stay in School. Stay in Pool atau dengan kata lain tetap bersekolah sambil berlatih, bukan berlatih sambil bersekolah.

Tahun ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional Indonesia, "LISCA Aquathlon: Swim & Run" edisi Sprint atau jarak pendek dan merupakan ajang Aquathlon pertama di Indonesia, khususnya antar insitusi pendidikan. Kebangkitan untuk bersama mendidik generasi muda supaya terampil merancang masa depan mereka sendiri untuk hidup lebih sejahtera dengan menjalankan gaya hidup sehat secara utuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya