Logo ABC

Wabah Virus Corona: Negara Bagian di Australia Tutup Perbatasan

Dua negara bagian Australia Barat dan Queensland di akhir pekan ini akan memperketat perbatasan mereka, guna mencegah pergerakan orang di saat krisis virus corona.

Perbatasan Diperketat:

  • Mulai Minggu malam Australia Barat tak lagi terima kunjungan warga negara bagian lain kecuali memiliki izin
  • Queensland memperketat penjagaan perbatasan dengan New South Wales di Coolangatta
  • Perbatasan di Australia diperkirakan akan berlangsung antara tiga sampai enam bulan

Mengapa kedua negara bagian tersebut malah memperketat aturan di saat pemerintah Federal Australia mengatakan bahwa tahap keempat pembatasan pergerakan orang secara nasional belum akan dilakukan dalam waktu dekat?

Di Australia Barat, dengan ibu kota Perth, mulai Minggu tengah malam (05/04), semua warga yang bukan penduduk Australia Barat akan dilarang masuk, dengan beberapa pengecualian.

Ini adalah untuk pertama kalinya Australia Barat menutup perbatasan mereka.

"Ini tidak akan berlangsung selamanya," kata Kepala Negara Bagian Australia Barat, Premier Mark McGowan, kemarin (02/04).

"Ini penutupan sementara guna memastikan kita mencegah penyebaran virus corona di sini."

>

Selain menurunkan petugas penjaga di daerah perbatasan, Kepala Polisi Australia Barat, Chris Dawson telah meminta penerbangan untuk tidak menerima penumpang yang berasal dari negara bagian lain.

Kalaupun mereka tiba di Australia Barat, tapi tidak masuk dalam kategori yang diperbolehkan, mereka akan dipulangkan ke kota asal penerbangan.

Selain Australia Barat, negara bagian Queensland hari Jumat (3/4/2020) juga menerapkan penutupan perbatasan dengan New South Wales di kawasan Coolangatta.