Logo DW

Virus Corona: Perbatasan Negara-negara Uni Eropa Mulai Dibuka

Ketika negara-negara di Eropa mulai melonggarkan pembatasan lockdown, banyak yang berharap bahwa sektor pariwisata yang selama ini merugi, akan dapat segera pulih kembali dengan dibukanya kembali perbatasan antar negara. Berikut ini adalah beberapa perencanaan oleh negara-negara Eropa terkait pariwisata jelang liburan musim panas:

Jerman

Rabu (14/05), Kementerian Dalam Negeri Jerman mengatakan bahwa perbatasan dengan Austria, Swiss, dan Prancis akan mulai dibuka pada hari Sabtu (16/5) mendatang, namun dengan kondisi yang dikontrol ketat.

Pemerintah Jerman masih menetapkan 15 Juni sebagai tanggal pelonggaran perbatasan secara menyeluruh untuk perjalanan antar-Uni Eropa.

Jerman juga masih memiliki peringatan resmi agar warga tidak bepergian ke luar Uni Eropa hingga Juni. Hingga kini, belum ada informasi mengenai kapan pemerintah Jerman akan mengizinkan warganya melakukan perjalanan internasional berskala besar.

Austria

Sama seperti Jerman, Austria juga telah menetapkan 15 Juni sebagai tanggal resmi dibukanya kembali perbatasan dengan negara-negara Uni Eropa. Namun, pada Selasa (12/05) pemerintah Austria mengumumkan bahwa dua penyeberangan ke Hungaria akan dibuka pada Rabu (13/05). Alasannya, banyak kesulitan dialami warga yang tinggal di satu sisi perbatasan, namun bekerja sehari-hari di sisi perbatasan yang lain.