Logo BBC

Virus Corona Ancam Jasa Ibu Pengganti

Virus corona telah menyebabkan bayi-bayi yang lahir dari ibu pengganti `terlantar`.-SERGEI SUPINSKY / AFP
Virus corona telah menyebabkan bayi-bayi yang lahir dari ibu pengganti `terlantar`.-SERGEI SUPINSKY / AFP
Sumber :
  • bbc

Ketika Flavia Lavorino memutuskan untuk memiliki bayi melalui surogasi, dia melihat negara Ukraina di peta dan melakukan perhitungan jarak.

Kota Buenos Aires di Argentina, tempat ia tinggal, dan ibukota Ukraina, Kyiv, terpisah sekitar 12.800 kilometer.

"Ini adalah upaya terakhir kami. Kami telah berhenti berusaha memiliki bayi sendiri. Ketika kami mendengar dari seorang rekan tentang bagaimana kami bisa memiliki anak melalui ibu pengganti, kami langsung melakukannya," kata Flavia.

Bersama José Pérez, pasangannya selama 15 tahun, mereka telah mencoba banyak opsi medis untuk mendapat anak sendiri.

Flavia berhasil hamil melalui prosedur yang kompleks dan menyakitkan sekali, tetapi itu pun mengalami keguguran.

"Jadi, ketika kami mendapat konfirmasi bahwa ibu pengganti kami di Ukraina baik-baik saja dan kehamilan berlangsung baik, kami sangat senang," kata Jose.

Mereka tidak menyangka bahwa pada saat bayi itu lahir mereka akan terdampar di sisi lain Atlantik karena pandemi virus corona.

Putra mereka, yang mereka namai Manuel, sekarang berusia tujuh minggu - dan mereka belum bisa bertemu dengannya.

José and Flavia in Kyiv´s airport
CORTESIA LAVORINO/PEREZ
Jose dan Flavia berangkat ke Ukraina di bulan Juli 2019. Namun, di bulan Maret mereka belum bisa masuk kembali ke negara itu.

"Ini adalah mimpi terburuk. Bayangkan kami sudah menunggu begitu lama dan kemudian harus menunggu lebih lama lagi, tanpa tahu kapan kami bisa bepergian," kata Jose.

Ukraina, seperti banyak negara lain, telah menutup perbatasannya untuk pengunjung internasional dalam upaya membatasi penyebaran Covid-19, yang telah menewaskan lebih dari 300.000 orang di seluruh dunia.

Itu telah menyebabkan puluhan bayi yang lahir dari ibu pengganti di Ukrania - yang dijadwalkan untuk diambil dari orang tua dari luar negeri - belum jelas nasibnya.

Ukraina adalah salah satu pusat pariwisata kesuburan di dunia.

Argentina juga telah memberlakukan larangan perjalanan pada semua penerbangan komersial hingga September sebagai bagian dari lockdown yang ketat, sehingga pasangan itu tidak mungkin merencanakan perjalanan untuk masa yang akan datang.

"Kontak fisik pada titik ini adalah kuncinya, bayi kami harus bersama kami," kata ayah baru itu.

"Sepertinya tidak mungkin ..."

Flavia dan Jose memulai perjalanan surogasi mereka pada Desember 2018 dan melakukan perjalanan ke Kyiv empat bulan kemudian untuk membuat bayi mereka.