Logo WARTAEKONOMI

Virus Corona Ciptakan Evolusi Kerja dari Rumah, Bagaimana Bisa?

Virus Corona, Ciptakan Evolusi Kerja dari Rumah. (FOTO: Unsplash/Andrew Neel)
Virus Corona, Ciptakan Evolusi Kerja dari Rumah. (FOTO: Unsplash/Andrew Neel)
Sumber :
  • wartaekonomi

Wabah virus corona (Covid-19) dinilai memberi dampak positif mempercepat evolusi kerja yang pada akhirnya melengkapi kembali beberapa industri. Salah satunya evolusi kerja dari rumah. Bagaimana itu bisa terjadi?

Saat ini, China tengah memerangi virus corona dengan karantina dan penutupan sekolah dan pusat bisnis, rantai pasok juga belum pulih. Perjalanan ke luar negeri dan berbagai konferensi juga terbatas, yang berdampak pada bisnis lain mulai dari maskapai penerbangan, restoran, hingga ritel.

Namun dalam skema besar, ketakutan virus corona mungkin hanya mempercepat perubahan dalam pekerjaan yang sudah dimainkan. Kolaborasi lebih mengandalkan video, larangan perjalanan dapat memperlengkapi kembali praktik penjualan dan pemasaran karena perusahaan menyadari bahwa mungkin penerbangan lintas negara untuk minuman dan makan malam tidak memberikan hasil ekonomi. Dan mungkin sebagian besar tenaga kerja dapat bekerja dari rumah tanpa kehilangan produktivitas.

Jadi sederhananya, ketakutan akan virus corona mungkin hanya menunjukkan kepada kita cara yang lebih baik untuk bekerja. Bagaimana perusahaan menavigasi virus corona dan perubahan untuk bekerja akan memberi tahu.

Asosiasi untuk Kemajuan Konferensi Kecerdasan Buatan di New York pada awal Februari, para peneliti Cina kebanyakan menyampaikan pidato mereka melalui konferensi atau presentasi video karena larangan bepergian. Jadi mungkin konferensi video adalah masa depan.

Akibat virus corona, perilaku konsumen di Cina telah diubah dan mungkin tidak kembali. Seluruh dunia mungkin juga melihat hal serupa.

CEO Alibaba Yong Zhang mencatat, tujuh belas tahun yang lalu, bisnis e-commerce mengalami pertumbuhan luar biasa setelah wabah SARS. Jadi dengan adanya kesulitan akan diikuti oleh perubahan perilaku di antara konsumen dan perusahaan yang membawa peluang baru.