Bagian dari Operasional Bisnis, Begini Cara Pertamina Jaga Laut hingga Terumbu Karang

Pertamina International Shipping.
Sumber :
  • Pertamina

Jakarta – Sebagai sebuah perusahaan yang menjadikan laut sebagai bagian dari operasional bisnisnya, Pertamina melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) berkomitmen untuk terus menjaga kelestarian laut sebagai bagian dari upaya menjaga lingkungan hidup.

Codeblu Belum Bayar Utang Rp500 Juta, Aline Adita Ancam Bakal Sita Asetnya

Guna mewujudkan komitmen tersebut, para Perwira muda Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) PT Pertamina International Shipping (PIS), menunjukkan kepeduliannya melalui aksi penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang (coral plantation), di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Corporate Secretary PIS Muh Aryomekka Firdaus mengatakan, kegiatan penanaman mangrove dan tranplantasi terumbu karang ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan AOCEAN Summit 2023, yang digelar oleh komunitas Agent of Change (AoC) SH IML PIS. Agenda itu digelar dengan tajuk “Make Waves, Make Changes”, yang berlangsung pada 3-4 Agustus 2023. 

Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

“Aktivasi ini merupakan bentuk dukungan SH IML, dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Utamanya pada aspek Penanganan Perubahan Iklim dan Ekosistem Lautan," kata Aryo dalam keterangannya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Ilustrasi terumbu karang.

Photo :
  • VIVA.co.id/Siti Nuraisyah Dewi
ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Dia menegaskan, kegiatan ini juga sejalan dengan penerapan prinsip prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis SH IML, sebagai bagian dari keluarga besar Pertamina Group.

Penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang ini dilakukan dengan menggandeng Yayasan Penyelam Lestari Indonesia atau Divers Clean Action (DCA). Selain penanaman 1000 mangrove dan coral transplantation, terdapat juga edukasi mengenai mikroplastik yang ada di sekitar kita.

"Harapannya, kegiatan 'Sehari Menjadi Ranger' ini bisa meningkatkan semangat volunterisme, untuk memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan lingkungan di wilayah kerja SH IML," ujarnya.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan AOC Summit 2023 merupakan agenda tahunan, sebagai ajang menyatukan pemikiran untuk mendukung transformasi di lingkungan Subholding IML.

Kegiatan ini sekaligus ajang bersilaturahmi dan wadah untuk menyampaikan ide-ide untuk perubahan yang lebih baik di SH IML, serta demi memperkuat kembali implementasi tata nilai AKHLAK kepada para AoC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya