Pemerintah Targetkan Cuan Ekonomi MotoGP Mandalika 2023 Lebih dari Rp 4,5 Triliun

Seorang wisatawan swafoto berlatar nama Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Jakarta – Gelaran ajang MotoGP Mandalika 2023 bakal digelar pada 13-15 Oktober 2023, di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo menegaskan, perhelatan MotoGP Mandalika 2023 merupakan event yang sangat penting dari kaca mata pariwisata.

Pujian untuk Penampilan Ganas Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Sebab, apabila penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 dianggap sebagai event late recovery, maka penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023 ini diharapkan akan menjadi event late accelerator yang akan mampu meningkatkan pencapaian Indonesia. 

"Pencapaian (nilai tambah ekonomi) tahun lalu Rp 4,5 triliun. Kami harapkan tahun ini setidaknya sama, atau bahkan lebih," kata Angela dalam konferensi pers di kantor InJourney, kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023.

Geopolitik Global Tak Menentu, Bos BNI Pede Ekonomi RI Sehat dan Stabil

Persiapan MotoGP Mandalika 2023.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Dengan target nilai tambah ekonomi sekitar Rp 4,5 triliun lebih tersebut, Angela meyakini bahwa MotoGP Mandalika 2023 akan bisa mendongkrak kontribusi sektor pariwisata bagi perekonomian nasional.

Tiket MotoGP Indonesia 2024 Sudah Bisa Dibeli, Harga Mulai Rp350 Ribu

"Sehingga bisa berkontribusi pada pariwisata Indonesia dan bagi pencapaian target pariwisata secara nasional," ujarnya.

Apalagi, pada gelaran MotoGP Mandalika 2023 ini, Kemenparekraf pun mematok target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga 8,5 juta orang, dan wisatawan lokal hingga 1,4 miliar pergerakan. "Tahun ini kita ada target 8,5 juta wisatawan mancanegara, dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara," kata Angela.

Selain itu, Dia juga berharap MotoGP Mandalika 2023 ini tidak hanya akan membantu promosi pariwisata Indonesia secara umum. Tapi secara khusus juga akan mampu memberikan dampak ekonomi langsung, bagi perekonomian para warga masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

Karenanya, lanjut Angela, Kemenparekraf juga berupaya mendukung semua ekosistem event, terutama di destinasi-destinasi wisata prioritas, melalui jalinan kerja sama yang dibangun dengan berbagai pihak untuk mempermudah aspek perizinan event-event tersebut.

Sirkuit Mandalika

Photo :
  • Kominfotik NTB

"Kita harapkan dari event-event semacam ini tidak hanya mempromosikan pariwisata indo, dalam hal ini Lombok, tapi juga bisa memberikan manfaat ekonomi langsung kepada masyarakat, UMKM, serta sektor ekonomi pariwisata dan kreatif," ujar Angela.

"Karena kita lihat, kalau ada event itu hotel penuh, restoran semua tempat makan laku. Penjual-penjual souvenir semua kebagian manfaat ekonomi dari event-event tersebut," ujarnya.

Diketahui, penjualan tiket MotoGP Mandalika 2023 sudah dimulai sejak 2 September 2023. Data per akhir September menunjukkan, lebih dari 11 ribu tiket MotoGP Mandalika sudah terjual, atau sekitar 15 persen dari kuota tiket yang disediakan promotor.

Harga tiket MotoGP Mandalika sendiri bervariasi, mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 20 juta. Kategorinya yakni mulai dari General Admission, Regular Grandstand, Premium Grandstand, Premiere Class, dan Deluxe Class.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya