HGU Kelapa Sawit Dinilai Tetap Berlaku Meski Ada UU Cipta Kerja

Citra satelit luar angkasa lahan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur
Sumber :
  • www.esa.int

Jakarta - Kalangan asosiasi dan pengusaha di sektor kelapa sawit menilai, Hak Guna Usaha (HGU) yang telah dikantongi oleh pelaku industri tidak bisa dibenturkan dengan UU Cipta Kerja. Sebab HGU itu terbit sebelum Omnibus Law Cipta Kerja berlaku.

KSBSI Kalbar Tuntut Perlindungan Hak Buruh Kelapa Sawit

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bustanul Arifin menilai, penetapan kawasan hutan yang di dalamnya terdapat lahan sawit disebabkan adanya kerancuan dalam proses perizinan. Sehingga menimbulkan polemik dikalangan pelaku usaha.

"Dari awal tentang penetapan kawasan hutan itu sering jadi masalah di mana sawit ada di dalamnya. Karena tidak terlalu jelas landasan hukum yang di campur aduk dan akhirnya timbul multitafsir dari sanksi yang akan dikerjakan oleh satgas," kata Bustanul dalam Forum Group Discussion 'Menimbang satuan tugas tata kelola industri kelapa sawit' di Nagara Institute, Jakarta, dikutip Jumat 6 Oktober 2023.

Mengenal Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati Setiap 1 Mei

Lahan peremajaan sawit atau replanting.

Photo :

Bustanul menambahkan, HGU yang dimiliki pelaku usaha sawit saat ini tidak tunduk oleh UU Cipta Kerja. Pasalnya, HGU itu ditetapkan lebih dahulu sehingga sulit dibatalkan. 

Sekda Depok Minta Bappeda dan PUPR Benahi Akses Jalan Kampung Bulak Barat yang Putus Kena Banjir

Oleh karena itu, menurutnya pemerintah perlu melakukan dialog dan sosialisasi dengan pelalu industri dan masyarakat untuk mencegah adanya penafsiran yang berbeda.

Ilustrasi lahan Kelapa Sawit di Balikpapan

Photo :
  • ANTARA/Zabur Karuru

Sementara itu, Ketua Umum Rumah Sawit Indonesia (RSI) Kacuk Sumarto mengatakan bahwa pentingnya perbaikan tata kelola industri sawit nasional. Salah satunya adalah mengesampingkan aspek pendapatan negara dalam pemberian HGU dan perbaikan tata kelola industri sawit.

"Jika dua-duanya itu mau langsung diperoleh yang nomer satu itu bisa sogok selesai, tapi yang pendapatan itu gak akan pernah selesai. Ayo kita dialog, semakin banyak akan semakin baik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya