Logo BBC

Digempur Mortir dan Roket, Israel Bombardir Jalur Gaza

Salah satu mortir dari Gaza jatuh di halaman taman kanak-kanak Israel, sebelum para muridnya berdatangan. - Kantor PM Israel
Salah satu mortir dari Gaza jatuh di halaman taman kanak-kanak Israel, sebelum para muridnya berdatangan. - Kantor PM Israel
Sumber :
  • bbc

Israel menyerang lokasi-lokasi militan di Gaza, Selasa (29/05), setelah mengklaim digempur rangkaian serangan mortir dan roket dari perkampungan warga Palestina.

Militer Israel mengatakan serangan udaranya menghantam 35 sasaran, termasuk sebuah terowongan bawah tanah milik Hamas dan Jihad Islam, yang merupakan kelompok militan utama di Gaza,

Sebuah taman kanak-kanak yang sedang kosong di Israel meniadi salah satu sasaran militan, yang menembakkan lebih dari 30 mortir dalam sehari.

Saling serang terjadi setelah perbatasan Israel-Gaza diwarnai aksi kekerasan selama beberapa pekan yang memuncak pada Senin (14/05) dengan jatuhnya 58 jiwa warga Palestina dalam satu hari sementara 2.700 lainnya cedera.

Selama beberapa pekan, warga Palestina menggelar aksi unjuk rasa di perbatasan untuk memperingati 70 tahun pengungsian besar-besaran atau yang disebut Nakba, setelah terbentuknya negara Israel.

Israel mengatakan para penembak jitu mereka melepas tembakan ke orang-orang yang ingin menerobos perbatasan dengan berkedok sebagai pengunjuk rasa namun PBB dan para pegiat hak asasi menuduh Israel menggunakan kekuatan yang tidak berimbang.

`Harga yang mahal`