Logo BBC

Oposisi Pimpinan Xanana Gusmao Menang Pemilu Timor Leste

Koalisi oposisi pimpinan Xanana Gusmao memenangi pemilu Timor Leste, Mei 2018. - Reuters
Koalisi oposisi pimpinan Xanana Gusmao memenangi pemilu Timor Leste, Mei 2018. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Koalisi oposisi pimpinan mantan Presiden Xanana Gusmao memenangi mayoritas kursi di parlemen dalam pemilihan umum yang berlangsung bulan ini.

Kemenangan Aliansi Perubahan untuk Kemajuan (AMP) itu dipastikan melalui putusan pengadilan setelah Partai Fretilin yang dipimpin PM Mari Alkatiri menggugat hasil pemilu lantaran adanya dugaan sejumlah penyimpangan.

Deolindo dos Santos, kepala Pengadilan Banding Timor Leste, mengatakan AMP telah memenangi 49,6% suara. Artinya, Partai CNRT pimpinan Xanana dan dua partai lainnya berhak menduduki 34 dari 65 kursi yang tersedia di parlemen.

Adapun Partai Fretilin meraih 34,2% suara.

Menanggapi hasil tersebut, Fidelis Magalhaes, selaku pejabat dari koalisi AMP, yakin kebuntuan di parlemen akan terpecahkan.

"Timor Leste harus punya pemerintah yang muncul dan berasal dari mayoritas absolut di parlemen," kata Magalhaes kepada kantor berita Reuters.

Dia menolak berkomentar ketika ditanya apakah mantan presiden dan perdana menteri, Xanana Gusmao, akan kembali memangku jabatan perdana menteri setelah AMP dipastikan menang.