Logo BBC

Tolak Salaman ke Bukan Muhrim, Pasangan Muslim Tak Diterima di Swiss

Pemerintah Swiss menegaskan petugas yang mewawancarai mereka sama sekali tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai agama. - Science Photo Library
Pemerintah Swiss menegaskan petugas yang mewawancarai mereka sama sekali tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai agama. - Science Photo Library
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Swiss memutuskan tidak memberikan kewarganegaraan kepada pasangan Muslim yang menolak bersalaman dengan orang yang bukan muhrim.

Keputusan itu diamini pemerintah Swiss pada Jumat (17/8), setelah pasangan Muslim tersebut menjalani wawancara sebagai bagian dari proses mendapatkan kewarganegaraan Swiss.

Pemerintah Swiss menegaskan petugas yang mewawancarai mereka sama sekali tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai agama.

Yang menjadi pertimbangan keputusan, menurut petugas, adalah kegagalan pasangan tersebut untuk berintegrasi dan menghormati kesetaraan gender.

"Konstitusi dan kesetaraan antara pria dan perempuan mengalahkan bigotri," kata Pierre-Antoine Hilbrand, salah seorang anggota komisi yang mewawancarai pasangan tersebut.

Pemerintah Swiss menegaskan bahwa pemohon kewarganegaraan harus berintegrasi dengan komunitas Swiss dan menunjukkan kelekatan dengan Swiss, institusi-institusinya, dan menghormati sistem hukum Swiss.

Walikota Lausanne, Gregoire Junod, mengatakan kepada kantor berita bahwa kebebasan beragama termaktub dalam undang-undang setempat, namun "praktik agama tidak boleh berada di luar hukum".