Logo DW

TK di Jerman Ingin Hapus Daging Babi dari Menu, Orang Tua Protes

picture-alliance/dpa/Waltraud Grubitzsch
picture-alliance/dpa/Waltraud Grubitzsch
Sumber :
  • dw

Maksud baik dua Kindergarten di kota Leipzig, Jerman, menghapus daging babi dari menu kantinnya, menyulut kontroversi dan kritik di media sosial. Hari Selasa (23/7) isu itu bahkan jadi berita di media-media nasional. Kepala Kindergarten akhirnya membatalkan rencana itu.

Harian kuning "Bild" yang punya oplah paling tinggi di Jerman memberitakan pertama kali tentang rencana itu dan melaporkan bahwa rencana tersebut muncul karena ada dua anak muslim.

Sebelumnya direktur Kindergarten menulis surat kepada para orang tua murid. "Sebagai perhatian pada dunia yang terus berubah, maka hanya makanan dan makanan ringan yang bebas babi yang bisa dipesan dan akan disajikan mulai 15 Juli," demikian isi surat itu menurut harian Bild.

Ternyata rencana itu menyulut protes cukup tajam, sehingga polisi Leipzig memutuskan untuk menugaskan penjagaan polisi ke kedua Kindergarten itu sebagai perlindungan dari "kemungkinan ancaman," kata seorang juru bicara polisi kepada kantor berita Jerman, DPA.

Menjelang malam, direktur dua Kindergarten itu mengatakan mereka menunda rencana penggantian menu makanan untuk saat ini.

"Kami kewalahan menghadapi semuanya," kata Wolfgang Schäfer, salah satu kepala Kindergarten kepada DPA.

Protes keras di Twitter