Meski Bergama Islam, Asnawi Mangkualam Ngaku Pernah Makan Babi di Korea Selatan

Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Asnawi Mangkualam saat ini berkarier sebagai pesepak bola di Jeonnam Dragon di K-League. Pria yang saat ini dikabarkan sedang dekat dengan Fuji itu sudah bergabung dengan klub tersebut selama tiga musim di sana dan harus menyesuaikan dengan kondisi di Korea. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Namun, kepindahan mantan pemain PSM Makassar ke Jeonnam Dragon ini menyisakan cerita unik. Salah satunya mengenai ia yang kesulitan untuk beradaptasi di Korea Selatan. Salah satu yang paling sulit untuk beradaptasi bukanlah cuaca dingin, tapi makanan yang dikonsumsi. 

Salah satunya Asnawi Mangkualam mengaku sempat makan babi meski dirinya menganut agama Islam. Karena restoran di Korea Selatan rata-rata menjual daging babi sebagai proteinnya. Pengakuan ini pertama kali terungkap saat dirinya melakukan siaran langsung. 

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Pemain Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Bahar

Photo :
  • Instagram @asnawi_bhr

"Yang lagi beradaptasinya tuh yang sulit tuh di makanan. Soalnya kan di sini aku muslim, gak bisa makan babi gitu. Di sini restorannya rata-rata babi jadi sulit nyari," kata Asnawi Mangkualam seperti dilansir dari akun TikTok @oshgrandeur, Rabu, 20 September 2023. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asnawi kemudian menjelaskan bahwa dirinya sempat mengonsumsi daging babi saat pertama kali menginjakkan kaki di Korea Selatan. Bukan tanpa alasan, Asnawi Mangkualam mengaku bahwa dirinya mengonsumsi daging babi karena tidak tahu. 

"Pernah (makan babi), pernah... Pertama kali aku datang ke sini, langsung kemakan babi karena aku nggak tahu," ujarnya.

Pada awalnya, Asnawi Mangkualam melihat penampilan makanan itu seperti pastel sehingga dia memutuskan untuk memakan makanan tersebut. "Kayak pastel, aku nggak tau kalau dalamnya babi, aku masak, terus makan, kayak somay gitu, tapi enak kan...," ungkapnya. 

Asnawi Mangkualam dan Lee Hang-yeol

Photo :
  • greenersfc.com

Kemudian, suatu hari dia foto dan menggunakan Google Translate, ia baru sadar bahwa makanan selama ini yang dikonsumsi itu adalah daging babi. "Aku sudah makan babi, terus aku cek semua makanan-makanan yang dikirim... Yaaaa ini babi," bebernya.

Mengetahui hal itu, Asnawi yang menganut agama Islam pun menyesal karena sudah makan banyak dan baru tersadar bahwa makanan tersebut mengandung babi. Pengakuan tersebut sontak saja membuat warganet terkejut. 

"Tapi memang kalau nggak tahu ya masih nggak apa-apa asal nggak disengaja aja," komentar seorang warganet.

"Kasihan ya Allah mau makan aja susah ya, semoga ketemu yang halal makanannya ya," pungkas warganet lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya