Logo BBC

Lembah Panjshir Afghanistan Tak Pernah Dikuasai Taliban, Apa Kuncinya

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

 

"Saya menulis dari Lembah Panjshir hari ini, dan siap mengikuti langkah ayah saya, dengan para pejuang Mujahidin dan siap kembali menghadapi Taliban."

"Kami punya simpanan amunisi dan senjata yang kami kumpulkan dengan sabar sejak zaman ayah saya karena kami tahu hari ini akan datang."

Pernyataan yang diterbitkan Kamis lalu (19/08) di The Washington Post, memastikan rumor bahwa pasukan perlawanan Taliban kembali terbentuk di Lembah Panjshir, hanya sekitar 113 kilometer di utara Kabul.

Kata-kata itu ditulis oleh Ahmad Massoud, putra pemimpin legendaris Mujahidin Ahmad Shah Massoud, yang memimpin pasukan pembebasan dari Panjshir dan berhasil dalam menghadapi Soviet dan kemudian Taliban.

https://twitter.com/BBCYaldaHakim/status/1429709411971383297

Wartawan BBC Yalda Hakim dalam cuitannya menulis, "hanya tiga jam dari Kabul, Wakil Presiden @AmrullahSaleh2 dan para pejuang anti-Taliban bermain voli - Lembah Panjshir, Agustus 2021."

Berita tentang bangkitnya pasukan perlawanan anti-Taliban itu muncul setelah Taliban menguasasi ibu kota Kabul dengan foto-foto tank Humvee dengan bendera Afghanistan.

Selain itu juga muncul berita tentang kemungkinan perundingan damai kelompok itu dan Taliban. Tapi bagaimana sejarah pasukan perlawanan ini?

Kawasan ini bertahan dari pendudukan pasukan Soviet pada 1980an dan juga Taliban pada 1990an (1996-2001), dan menjadi markas bagi penentang kelompok milisi itu.

"Dalam sejarah kontemporer Afghanistan, Panjshir tak pernah ditaklukkan, oleh pasukan asing dan juga Taliban," kata wartawan BBC Afghanistan, Mariam Aman.