Live Streaming via Twitch, Pelaku Penembakan di AS Tewaskan 10 Orang

Lokasi penembakan di Buffalo, AS.
Sumber :
  • AP Photo.

VIVA – Seorang remaja kulit putih berusia 18 tahun melepaskan tembakan secara brutal dengan senapan di sebuah supermarket di Buffalo, AS yang menewaskan 10 orang dan melukai tiga lainnya pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Dia tampak mengenakan perlengkapan militer dan melakukan live streaming atau siaran langsung dengan kamera helm. Pihak berwenang setempat menganggap kejadian itu sebagai "motivasi rasial dan ekstremisme kekerasan.”

Polisi mengatakan, dia menembak 11 orang kulit hitam dan dua korban kulit putih sebelum menyerah kepada pihak berwenang. Dia menyiarkan langsung aksinya itu di platform streaming Twitch. Kemudian, dia muncul di hadapan hakim dan didakwa dengan tuduhan pembunuhan.

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

“Ini adalah harapan tulus saya bahwa individu ini, supremasi kulit putih yang baru saja melakukan kejahatan kebencian pada komunitas yang tidak bersalah, akan menghabiskan sisa hari-harinya di balik jeruji besi,” kata Gubernur Kathy Hochul, berbicara di dekat lokasi serangan seperti dilansir AP, Minggu, 15 Mei 2022.

Lokasi penembakan massal di Buffalo, AS. Diduga bermotif rasial.

Photo :
  • AP Photo.
Seorang Pendeta Ditikam saat Sedang Pimpin Upacara Ibadah di Sebuah Gereja

Pembantaian itu mengirimkan gelombang kejut ke seluruh negara yang dilanda ketegangan rasial, kekerasan senjata, dan serentetan kejahatan rasial. 

Sehari sebelum penembakan, polisi Dallas mengatakan mereka sedang menyelidiki serangkaian penembakan di Koreatown sebagai kejahatan rasial. Serangan Buffalo terjadi hanya satu bulan setelah penembakan massal lainnya di kereta bawah tanah Brooklyn yang melukai 10 orang.

Terduga pria bersenjata dalam serangan hari Sabtu di Tops Friendly Market diidentifikasi sebagai Payton Gendron, dari Conklin, New York, sekitar 200 mil (320 kilometer) tenggara Buffalo.

Petugas mengamankan lokasi penembakan bermotif rasial di TOPS supermarket di Buffalo, New York, AS, Sabtu, 14 Mei 2022. Seorang pria melakukan penembakan dengan senapan serbu dan membunuh setidaknya 10 orang dan melukai tiga lainnya, sebelas dari mereka m

Photo :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Jeffrey T. Barnes/foc.

Belum jelas mengapa Payton pergi ke Buffalo dan toko kelontong itu. Sebuah klip yang tampak dari umpan Twitch-nya, yang diposting di media sosial, menunjukkan dia tiba di supermarket dengan mobilnya.

Pria bersenjata itu menembak empat orang di luar toko, tiga orang tewas, kata Komisaris Polisi Buffalo, Joseph Gramaglia. 

Di dalam toko, penjaga keamanan Aaron Salter, seorang pensiunan polisi Buffalo, melepaskan beberapa tembakan. Sebuah peluru mengenai baju besi antipeluru pria bersenjata itu tetapi tidak berpengaruh, kata Gramaglia.

Pria bersenjata itu kemudian membunuh penjaga itu, kata komisaris itu, lalu membuntuti toko itu dengan menembaki korban-korban lainnya.

Polisi memasuki toko dan menghadapi pria bersenjata di ruang depan. Dia meletakkan senapannya di lehernya sendiri, tetapi dua petugas membujuknya untuk menjatuhkan pistol, kata Gramaglia.

“Ini adalah mimpi buruk terburuk yang dapat dihadapi komunitas mana pun, dan kami terluka dan kami sedang bergolak sekarang,” kata Walikota Buffalo Byron Brown pada konferensi pers. “Kedalaman rasa sakit yang dirasakan keluarga dan yang kita semua rasakan saat ini bahkan tidak dapat dijelaskan.” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya