Skandal Pangeran Andrew hingga Dipermalukan di Prosesi Pemakaman Ratu

Putri Anne, Pangeran Andrew (kedua dari Kiri) dan bangsawan Inggris berkabung atas kematian Ratu
Sumber :
  • Aaron Chown/Pool Photo via AP

VIVA Dunia– Lahir pada 19 Februari 1960, Pangeran Andrew bersekolah di sekolah asrama Gordonstoun di Skotlandia, yang juga merupakan almamater ayahnya yakni Pangeran Philip.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Pangeran Andrew tampaknya mewarisi bakat petualang ayahnya, dan melanjutkan ke karir militer yang terkenal.

Pangeran Andrew (kanan) berbincang dengan batalion Inggris di Hong Kong, 1996

Photo :
  • AP Photo/Vincent Yu
Kate Middleton Juga Diduga Edit Foto Ratu Elizabeth Bersama Cucunya

Namun, pada bulan Januari dia harus terseret kasus serius terkait pelecehan seksual, dan perdagangan seks.

Pangeran Andrew dikenal sebagai seorang pilot helikopter yang gagah dan pahlawan perang yang memikat jutaan orang Inggris selama perang Kepulauan Falkland.

Donald Trump Ungkap Kebenciannya Terhadap Pangeran Harry, Gegara Apa?

Melansir dari BBC.com, Selasa, 13 September 2022, pengamat Kerajaan bahkan mengatakan bahwa Pangeran Andrew adalah anak kesayangan ibunya, Ratu Elizabeth II.

Pangeran Andrew.

Photo :
  • Ace Showbiz

Sampai akhirnya Pangeran Andrew menarik diri dari kecaman global dan rasa jijik atas tuduhan bahwa dia memperkosa seorang remaja pada tahun 2001.

Sang pangeran telah berulang kali membantah tuduhan itu. Tetapi kehidupan kerajaannya yang dahulu glamor seketika hancur dan tak dapat diperbaiki lagi pada Januari lalu, setelah seorang hakim federal di Manhattan, Amerika Serikat (AS) memutuskan bahwa kasus perdata terkait dengan tuduhan pelecehan seksual dapat dilanjutkan.

Istana Buckingham dalam hal ini dengan cepat memberikan reaksi. Hanya sehari kemudian, ibu sang pangeran yang berusia 95 tahun itu melucuti gelar militer dan perlindungan kerajaannya.

Ke depannya, sang pangeran tidak akan lagi menggunakan gelar “Yang Mulia" yang merupakan simbol statusnya sebagai anggota senior keluarga kerajaan.

The Sun, sebuah tabloid Inggris yang populer, menyimpulkannya bahwa Pangeran Andrew telah diusir secara tak terhormat dari Kerajaan Inggris.

Membayangkan kasus ini adalah persahabatan sang pangeran dengan mantan pemodal dan terpidana pelanggar seks Jeffrey Epstein, yang menurut penuduh Virginia Giuffre, telah memperdagangkannya kepada sang pangeran. Epstein kemudian bunuh diri di penjara pada tahun 2019.

Pangeran Andrew dari Kerajaan Inggris

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Pada 26 Januari, pengacara Pangeran Andrew meminta pengadilan juri untuk menentang klaim Giuffre, dan meningkatkan prospek gugatan pelecehan seksual mengerikan yang berlangsung di ruang sidang Manhattan, yang berpotensi menodai reputasi dari keluarga Kerajaan.

Kasus ini sangat mengguncang keluarga Kerajaan, yang sudah diterpa skandal dan hengkangnya Pangeran Harry dan istrinya dari Kerajaan. 

Mengangkat pertanyaan tentang kelas, hak, dan maskulinitas, tuduhan terhadap Pangeran Andrew juga menunjukkan perubahan wajah Inggris selama era gerakan melawan kekerasan seksual terhadap perempuan #MeToo.

Dan sementara monarki telah hidup lebih lama dari krisis sebelum perang, turun tahta, revolusi, dan raja pembunuh, yang terbaru juga menggarisbawahi bagaimana lembaga yang tangguh dan terhormat itu masih dapat dihancurkan oleh perilaku buruk dan penilaian buruk dari anggota kerajaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya