Penampakan Jalanan Terbelah Dua Akibat Pipa Gas Bawah Tanah Meledak di Afrika Selatan

Ledakan Pipa Gas Bawah Tanah Buat Jalanan di Afrika Selatan Terbelah Dua
Sumber :
  • AP Photo

Johannesburg – Sebuah video menunjukkan jalan utama terbelah lebar akibat ledakan, di wilayah Afrika Selatan. Beberapa kendaraan juga terlihat terlempar ke samping akibat jalanan yang terbelah itu, dan mengakibatkan satu orang tewas dan 48 lainnya luka-luka. 

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Sejauh ini, masih belum jelas apa yang menyebabkan ledakan itu, tetapi para pejabat menduga pipa gas bawah tanah menjadi penyebab utama ledakan tersebut. 

Sementara itu, lokasi di Bree Street masih diperlakukan sebagai area yang berpotensi berisiko, dan layanan darurat tetap ada untuk mengevakuasi beberapa orang yang terkena dampak akibat ledakan itu. 

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Mobil Terbalik Akibat Ledakan Pipa Gas Bawah Tanah

Photo :
  • AP Photo

Beberapa jalan telah ditutup untuk lalu lintas dan pasokan listrik di daerah itu juga telah ditutup, yang biasanya merupakan salah satu bagian tersibuk dari pusat komersial Afrika Selatan. 

Petugas Damkar Sebut Korban Tewas Terpanggang Akibat Kebakaran Toko Frame Mampang

Dilansir dari BBC Internasional, Jumat, 21 Juli 2023, pejabat dari provinsi Gauteng, termasuk Johannesburg, menduga ledakan itu mungkin disebabkan oleh beberapa pipa gas bawah tanah yang pecah. 

Berbicara kepada awak media, pada hari Kamis, 20 Juli 2023, Perdana Menteri Panyaza Lesufi mengatakan 12 orang masih dirawat di rumah sakit karena mengalami luka-luka. 

"Penyelidikan sebelumnya tidak bisa menetapkan penyebab ledakan, namun penyelidikan kembali dilanjutkan untuk menentukan apa yang terjadi," katanya kepada wartawan. 

Pemasok lokal Egoli Gas mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah menemukan kebocoran kecil di salah satu pipa mereka, tetapi mereka yakin kecil kemungkinannya hal itu menyebabkan ledakan. 

Perusahaan tersebut telah diminta oleh pihak berwenang untuk memeriksa pipa mereka yang lain di daerah tersebut, karena kemungkinan kebocoran gas masih menjadi fokus penyelidikan. 

Selain itu, pada Rabu malam, 19 Juli 2023, saksi juga melaporkan bahwa mereka merasakan tanah berguncang kemudian mendengar ledakan keras beberapa saat sebelum jalanan terbelah, dan sebagian Jalan Bree runtuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya