Swedia dan Finlandia Bergabung dengan Latihan Militer Terbesar NATO dalam Beberapa Dekade

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)
Sumber :
  • countercurrents.org

VIVA – Ada suatu masa ketika NATO akan melakukan yang terbaik untuk menghindari penyebutan langsung Rusia ketika melakukan manuver militernya. Paling tidak karena takut provokasi. Tetapi invasi skala penuh Rusia ke Ukraina telah mengubah semua itu.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Sekarang latihan aliansi memiliki Moskow dalam pikiran. Salah satu tujuan utama yang dinyatakan dari Exercise Steadfast Defender adalah untuk menghalangi Rusia. Ini adalah aliansi terbesar sejak akhir Perang Dingin, melibatkan 90.000 personel militer dan berlangsung tepat di sayap timur Eropa selama beberapa bulan ke depan.

VIVA Militer: Jet tempur Rusia membawa rudal nuklir terobos Swedia

Photo :
  • dailymail.co.uk
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Steadfast Defender juga merupakan tes pertama dari rencana militer baru NATO, yang dirancang untuk memindahkan pasukan dan peralatan dengan kecepatan dan skala untuk mendukung sekutu yang diserang. Dan itu adalah penegasan dari tujuan Nato bahwa serangan terhadap seseorang akan mendorong tanggapan dari semua.

Donald Trump mungkin telah mempertanyakan itu, tetapi Amerika tetap menjadi tulang punggung dari janji itu dan telah berkomitmen sumber daya yang sangat besar untuk membuktikannya.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Dikutip dari BBC Internasional, tahap pertama latihan ini berlangsung di hutan belantara putih terpencil di wilayah Finnmark di Norwegia utara. Itu tidak jauh dari perbatasan 120 mil Norwegia dengan Rusia. Meskipun dalam skenario ini Finnmark telah diserang oleh musuh fiksi yang disebut Occasus.

Eivor, seorang mahasiswa kedokteran Norwegia berusia 21 tahun dan tentara paruh waktu, mengatakan kakek-neneknya harus melarikan diri dari daerah yang sama ini ketika Nazi menyerbu Perang Dunia Kedua.

“Aku lebih suka tinggal di sini dan bertarung,” katanya. 

Dia bilang dia tidak mengharapkan Rusia untuk menyerang “tapi tentu saja Anda harus selalu tetap berjaga-jaga”.

Ini adalah latihan NATO besar pertama dengan pasukan dari Swedia dan Finlandia mengambil bagian sebagai anggota penuh.

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)

Photo :
  • stripes.com

Ada rasa kegembiraan yang jelas di antara pasukan mereka untuk menjadi bagian dari aliansi militer terbesar di dunia. Mereka juga lebih bersedia untuk mengidentifikasi ancaman.

Mempersiapkan serangan pantai di fjord, seorang marinir Finlandia mengatakan tidak masuk akal bagi negaranya “bersendirian melawan Rusia”. Yang lain menambahkan: “Nato agak menakut-nakuti Rusia.” Seorang rekan marinir Swedia mengatakan dia merasa “sangat aman” sekarang negaranya akhirnya bergabung dengan Aliansi. Itu adalah sentimen yang dibagikan oleh politisi mereka juga.

Para menteri pertahanan Swedia, Finlandia, dan Norwegia merayakan persatuan Nordik baru mereka saat mereka menyaksikan bagian dari latihan penyeberangan perbatasan simbolis pasukan dari Finlandia ke Norwegia untuk mengusir penjajah fiksi. Mereka semua tersenyum saat berpose untuk foto di depan peluncur roket.

Menteri pertahanan Swedia, Pal Jonson, tidak takut untuk menggosok garam ke luka yang ditimbulkan sendiri di Rusia. Dia menggambarkan keanggotaan Swedia dan Finlandia sebagai “ibu dari semua konsekuensi yang tidak diinginkan” untuk Moskow.

Rusia katanya telah putus asa untuk menghentikan dua negara yang sebelumnya tidak selaras untuk bergabung. Itu telah gagal.

Meskipun sebenarnya keanggotaan Finlandia juga telah membawa Rusia lebih dekat ke NATO dengan perbatasan bersama lebih dari 800 mil, yang juga sekarang harus siap dipertahankan oleh sekutu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya